Sukses


Persebaya Tegaskan Merekrut Makan Konate Setelah Dilepas Arema

Bola.com, Surabaya - Manajemen Persebaya secara resmi telah mengumumkan Makan Konate sebagai pemain asing anyar. Setelah mengunggah video lewat akun media sosial, manajemen juga mengenalkan gelandang asal Mali itu di kantor marketing klub, Sutos, Surabaya, Sabtu (2/1/2020).

Rumor Makan Konate bergabung sudah berembus lama, bahkan sebelum akhirnya resmi ke Persebaya. Ada pula kabar yang menyebut bahwa klub berjulukan Bajul Ijo itu sudah menjalin komunikasi sejak akhir musim lalu.

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, tidak membantah gelandang berusia 28 tahun itu sudah masuk incaran klubnya sejak musim lalu. Pihaknya telah berbincang dengan pelatih kepala Aji Santoso mengenai hal ini.

"Manajemen dan pelatih kepala Aji Santoso melakukan evaluasi pemain pada akhir musim lalu. Kami juga membicarakan perekrutan pemain, salah satu yang masuk adalah Makan Konate. Persebaya ingin Konate jadi bagian, kekuatan serta pilar penting," kata Candra.

"Konate pemain asing keempat kami, Insyaallah. Ini adalah upaya manajemen untuk meraih target terbaik tahun ini, supaya lebih baik lagi dari musim lalu," imbuh manajer asal Bojonegoro tersebut.

Persoalannya, kontrak Konate bersama Arema baru berakhir pada 15 Januari 2020. Hal ini berarti ada kemungkinan kesepakatan kedua pihak dilakukan saat sang pemain masih terikat kontrak dengan klub lain.

2 dari 2 halaman

Sesuai Aturan

Secara regulasi, FIFA sebenarnya membolehkan seorang pemain menandatangani kontrak dengan klub lain, meski masih terikat dengan klubnya. Syaratnya, kontrak dengan klubnya tersisa di bawah enam bulan.

Jadi, bukan hal yang melanggar aturan apabila Konate menandatangani kontrak untuk Persebaya saat memiliki sisa kontrak bersama Arema dalam beberapa hari.

Tetapi, Candra memilih menyebut pihaknya melakukan pendekatan profesional dalam mendatangkan Konate. Profesional yang dimaksudnya adalah mengklaim pihaknya mengikat Konate saat kontraknya bersama Arema telah rampung.

“Persebaya melakukan pendekatan profesional. Yang terjadi antara Persebaya dan Konate profesional, yaitu saat Konate telah selesai dengan klub lamanya,” tutur manajer berusia 43 tahun tersebut.

Sebagai tambahan informasi, Konate diumumkan oleh Persebaya lewat akun media sosial pada 16 Januari 2020. Hal ini berarti dia telah “resmi” menjadi pemain Persebaya hanya sehari setelah kontraknya bersama Arema berakhir.

Video Populer

Foto Populer