Sukses


Menebak 3 Alasan Achmad Jufriyanto Mendadak Tinggalkan Persib

Bola.com, Jakarta - Pemain kawakan Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, memutuskan untuk meninggalkan Maung Bandung. Pemain yang akrab disapa Jupe tersebut bahkan telah berpamitan dengan rekannya pada Minggu (2/1/2020) pagi.

Informasi tersebut dibenarkan oleh asisten pelatih Persib, Budiman. Menurut Budiman, pemain bernomor punggung 16 itu sudah berpamitan kepada seluruh pemain dan staff Persib sebelum latihan pagi dimulai.

"Iya, tadi Jupe sudah pamitan saat kami akan memulai latihan di Stadion Siliwangi. Saya tidak tahu persis alasannya dan tidak tahu akan ke klub mana. Lebih jelasnya coba tanyakan ke manajemen," ucap Budiman singkat.

Sampai saat ini, belum diketahui alasan pasti keputusan Achmad Jufriyanto tersebut. Dia sempat dikaitkan dengan Bhayangkara FC, Tira Persikabo hingga Persita Tangerang. Namun Bhayangkara paling santer dikabarkan menjadi klub yang dikait-kaitkan dengan bek berusia 32 tahun itu.

Transfermakrt 2019-2020 bahkan telah memperbaharui status sang pemain dari Persib Bandung ke Bhayangkara FC pada 2 Februari 2020. Meski demikian, belum ada kabar lanjutan tenang infomasi tersebut.

Di sisi lain, hengkangnya Achmad Jufriyanto dari Persib menimbulkan berbagai spekulasi dari penggemar. Bola.com memprediksi tiga alasan masuk akal yang bikin Achmad Jufriyanto memutuskan pergi dari Persib Bandung.

Berikut perinciannya. 

2 dari 4 halaman

1. Stok Bek Persib Melimpah

Menyongsong digelarnya kompetisi Liga 1 2020, manajemen Persib mendatangkan bek yang cukup punya nama yakni Victor Igbonefo. Padahal sebelumnya, Maung Bandung telah memiliki sejumlah bek yang tak kalah berkelas seperti Fabiano Beltrame, Supardi Natsir, dan bek asal Belanda Nick Kuipers.

Itu berarti, Persib kelebihan stok bek musim ini. Kabarnya, kedatangan Igbonefo membuat posisi Jupe di tim utama terancam.

Apalagi menurut rekam jejak, Vigtor Igbonefo tidak pernah diduetkan dengan bek asal Tangerang itu. Setiap Igbonefo hadir di skuat Maung Bandung, maka Achmad Jufriyanto memilih pergi.

3 dari 4 halaman

2. Memberi Kesempatan Bek Muda

Alasan masuk akal perihal keputusan Achmad Jufriyanto itu juga bisa berkaitan dengan bek muda. Bisa saja Jupe ingin memberi kesempatan bek muda Persib untuk unjuk gigi.

Apalagi saat ini, dua bek muda Persib yakni Indra Mustafa dan Mario Jardel tampil cukup menjanjikan. Pelatih Persib, Robert Rene Albert bahkan kerap memuji dua bek mudanya itu.

Menurut Reobert, Indra dan Mario bisa menjadi tumpuan Pangeran Biru dalam beberapa tahun ke depan.

4 dari 4 halaman

3. Mengurangi Pemain Gaek

Alasan ketiga erat kaitannya dengan misi Persib Bandung. Klub asal Kota Kembang itu seperti ingin mengurangi stok pemain seniornya.

Hariono menjadi bukti kuat opini tersebut. Gelandang berusia 34 tahun itu resmi meninggalkan Persib pada akhir Desember 2019 lalu.

Hariono pergi karena manajemen Persib emoh memperpanjang kerja sama keduanya. Kini Achmad Jufriyanto menerima nasib yang sama. Jadi tak berlebihan jika fans menyebut Persib sedang dalam upaya mengurangi pemain gaeknya secara perlahan.

Video Populer

Foto Populer