Persib Sambut Positif Regulasi Baru PT LIB untuk Liga 1 2020

Oleh Erwin Snaz pada 05 Feb 2020, 20:45 WIB
Diperbarui 05 Feb 2020, 20:45 WIB
Persib Bandung

Bola.com, Bandung - Persib Bandung menyambut positif peraturan baru yang dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompettisi, di mana aturan setiap klub wajib mendaftarkan tujuh pemain U-23 dihapus dan setiap klub bisa mendaftarkan 33 pemain.

"Ini hal yang positif dan keputusan yang bagus. Jadi, sekarang pemain U-23 tidak harus diwajibkan untuk kami kontrak dan mereka bisa bermain untuk klub lain, untuk meningkatkan kemampuan mereka," ujar Robert Alberts, pelatih Persib Bandung, Rabu (5/2/2020).

Robert mengatakan talenta muda bisa lebih dulu bermain di Liga 2 atau bahkan Liga 3 untuk mengembangkan potensi yang dimiliki agar makin berkembang.

"Minimal mereka (pemain U-23) bisa dapat jam terbang selama satu musim karena tentu di sana mereka akan terus bermain dan ketika mereka siap, mereka bisa kembali ke tim utama. Jadi, itu keputusan bagus," kata pelatih asal Belanda ini.

Terkait setiap klub bisa mendaftarkan 33 pemain, Robert mengaku akan mendiskusikan lebih dulu dengan manajemen Persib karena itu merupakan kabar bagus.

"Saat ini kami sudah mempunyai 30 pemain dan itu termasuk angka yang besar. Normalnya memang setiap tim mempunyai 30 pemain sebagai klub profesional, ada tim utama dan tim kedua, dan tim kedua juga harus bermain. Ketika pemain tim kedua tidak bisa bermain, saya mencarikan banyak pemain satu tim lagi," kata Robert.

Robert mengaku belum terpikirkan menambah skuat Persib Bandung lantaran dengan kekuatan 30 pemain, menurutnya sudah cukup untuk mengarungi kompetisi musim 2020.

"Saya pikir kami sudah mempunyai 30 pemain dan itu kuota yang bagus. Itu sudah cukup untuk bertanding di Liga dan juga Piala Indonesia," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Perubahan Regulasi

PT LIB
PT Liga Indonesia Baru (LIB). (Liga 1)

Seperti diketahui, Direktur PT LIB, Cucu Somantri, mengungkapkan pihaknya akan mengubah sejumlah pasal pada regulasi Liga 1 2020. Satu di antaranya ialah menghapus peraturan yang menuntut setiap tim mendaftarkan minimal tujuh pemain U-23.

"Tidak ada lagi peraturan setiap tim diwajibkan mempunyai tujuh pemain U-23 karena akan dibentuk kompetisi baru yaitu Liga 1 U-23 untuk mengakomodasi pemain muda," ujar Cucu.

Selain itu, peraturan kuota pemain juga berubah. Kini setiap klub peserta diperbolehkan mencantumkan 33 pemain, bertambah tiga nama dibandingkan regulasi sebelumnya.

Bagi setiap tim yang bertanding membawa nama Indonesia di turnamen antarklub Asia, diwakili Bali United dan PSM Makassar, mendapatkan keistimewaan. Kedua tim dapat mendaftarkan 36 pemain untuk Liga 1 2020.

"Ada penambahan regulasi kuota pemain dari 30 menjadi 33 pemain. Bagi klub yang bermain di turnamen Asia boleh mendaftarkan 36 pemain," imbuh Cucu yang juga berstatus sebagai Wakil Ketua Umum PSSI itu.

Lanjutkan Membaca ↓