Sukses


Supaya Bebas Rayuan Mafia Pengatur Skor, Wasit Liga 1 2020 Digembleng di Kostrad

Bola.com, Jakarta - Seluruh perangkat pertandingan Liga 1 2020 akan digembleng di Markas Komando Strategis Angkatan Darat atau biasa disingkat Kostrad (Makostrad). Hal itu diungkapkan Ketua Komite Wasit PSSI, Sonhadji. Intinya PSSI ingin korp pengadil bisa jadi pengadil yang objektif bebas dari gangguan mafia pengatur skor.

Kepemimpinan wasit kerap memunculkan kontroversi. Para pengadil pertandingan sering menjadi sasaran kemarahan. Untuk membuktikan PSSI serius meningkatkan kualitas wasit, Sonhadi menciptakan gebrakan.

"Memang musim lalu banyak masalah soal wasit. Insyaallah untuk penyegaran, wasit akan ditempa di Makostrad supaya lebih bernuansa nasionalis. Kami ingin meningkatkan kualitas wasit agar lebih baik. Nanti juga ada pembekalan dan tes untuk wasit serta asisten wasit," ujar Sonhadji.

Sonhadji juga memastikan Liga 1 2020 tidak akan memakai wasit asing. Pada 2017 lalu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sempat memberdayakan pengadil pertandingan impor.

"Kemungkinan besar kami hanya menggunakan wasit lokal saja. Sebab pada musim lalu, PT LIB mendanai operasional saja sulit," katanya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Hampir Setengah Wasit Muka Baru

Untuk musim ini, PSSI akan menyeleksi 41 wasit. Sebanyak 26 di antaranya adalah wasit di Liga 1 2019.

Kata Sonhadji, pihaknya tidak lagi memakai dua wasit Liga 1 musim lalu dan mempromosikan 15 wasit dari Liga 2. Totalnya, 41 wasit. Jumlah tersebut masih akan disaring.

"Kami ingin memberdayakan wasit lokal. Nantinya, total 41 wasit akan diseleksi untuk memimpin Liga 1 musim ini," imbuh Sonhadji.

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Serafin Unus Pasi, Published 5/2/2020)

Video Populer

Foto Populer