Sukses


Persis Undang Persib dalam Laga Uji Coba di Stadion Manahan

Bola.com, Solo - Keinginan Persis Solo untuk menjajal Stadion Manahan yang baru saja selesai direnovasi segera terwujud. Laskar Sambernyawa siap menggunakan Stadion Manahan dalam sebuah uji coba dengan menjamu tim Liga 1, Persib Bandung, pada 15 Februari 2020.

Laga nanti sekaligus merupakan kado istimewa karena bersamaan dengan perayaan hari jadi ke-275 Kota Solo dan ulang tahun ke-20 Pasoepati.

Kelompok suporter Persis Solo, Pasoepati, yang memiliki ide tersebut sekaligus akan bertindak sebagai penyelenggara.

Awal dari gagasan ini adalah pertemuan petinggi Pasoepati dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, agar Persis bisa kembali berlaga di rumah sendiri mulai musim 2020. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir Persis selalu berkandang di Stadion Wilis, Madiun.

Hal itu mendapat restu sekaligus rekomendasi. Alhasil, Pasoepati bakal mengemas hajatan besar di Stadion Manahan dengan serangkaian laga ekshibisi.

Selain Persis kontra Persib, juga digelar laga Pasoepati dengan jurnalis Kota Solo, serta Pemprov Jateng melawan Pemkot Solo. Dipastikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bakal bertanding melawan tim FX Hadi Rudyatmo.

"Memang gagasannya dari Pak Wali Kota, bertepatan dengan hari jadi ke-275 Kota Solo. Selain itu dari pihak pengelola Stadion Manahan menginginkan ada uji kelayakan stadion sebelum digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021," jelas Aulia Haryo Suryo, Presiden Pasoepati, kepada Bola.com, Kamis (6/2/2020).

"Kami sebagai suporter merespons tersebut dan bergerak menjadi panpel. Selain itu bisa menjadi kesempatan mengedukasi kepada kawan-kawan agar selalu bisa merawat Stadion Manahan, yang akan sering digunakan Persis Solo bertanding di kompetisi," imbuh Haryo.

2 dari 2 halaman

Persib Sepakat

Haryo mengklaim pihaknya sudah mendapatkan kesepakatan dengan Persib untuk laga uji coba mendatang. Tim Maung Bandung yang kabarnya juga segera menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta, cukup dekat dengan Kota Solo.

Di sisi lain, Persis Solo sedang menyusun kekuatan menjelang Liga 2 2020. Di bawah naungan pelatih Salahudin, Persis menjelma sebagai kekuatan baru dengan mendatangkan banyak pemain jebolan Liga 1.

Persiapan Persis terbilang paling lama dibandingkan peserta lainnya. Laskar Samber Nyawa tercatat sudah menggelar latihan sejak November 2019, bahkan ketika kompetisi Liga 2 musim 2019 belum selesai.

"Selain itu, kami dari suporter ingin agar Persis punya lawan di uji coba. Secara lisan Persib sudah sepakat untuk uji coba di Solo tanggal 15 Februari. Tinggal kami mengirimkan surat resmi," ungkap pria yang akrab disapa Rio tersebut.

Video Populer

Foto Populer