Sukses


Berkunjung ke Spanyol, Ismed Sofyan Dapat Pengalaman dan Bekal Menjadi Pelatih

Bola.com, Alaves - Bek kanan Persija Jakarta, Ismed Sofyan sudah tiba di Spanyol dalam lawatannya mengunjungi pusat latihan klub La Liga, Deportivo Alaves. Dalam kunjungannya tersebut, pemain senior Macan Kemayoran itu mengaku mendapatkan pengalaman dan bekal untuk menjadi pelatih.

Ismed Sofyan datang ke Spanyol bersama empat orang lain dari Persija Jakarta yang dipercaya untuk mengikuti program kepelatihan di tim yang saat ini berkompetisi di level tertinggi sepak bola Spanyol itu.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan dari Persija melihat betapa fasilitas yang dimiliki Alaves sangat fungsional dan terorganisasi meski tidak begitu besar dan mewah.

Ismed Sofyan pun takjuk ketika melihat area latihan klub yang saat ini tengah berkutat di papan bawah klasemen La Liga itu.

Namun, Ismed merasa yakin dalam kunjungan ini dirinya mendapatkan begitu banyak pengalaman dan bekal yang baik baginya saat akan terjun ke dunia kepelatihan.

"Tentu saya melihat fasilitas klub ini sangat bagus. Ke depan, akan menjadi hal yang menyenangkan bisa berada di sini," ujar Ismed Sofyan dilansir dari situs resmi Persija.

"Ini menjadi pengalaman baru bagi saya dan bekal untuk menjadi pelatih nantinya," lanjutnya.

Kapten Persija Jakarta saat menjadi juara Liga 1 2018 itu akan berada di Spanyol sekitar satu bulan. Bersama Ilham Ralibi dan Ferdiansyah, Ismed Sofyan akan mempelajari begitu banyak hal mengenai kepelatihan di Alaves. 

 

Video

2 dari 2 halaman

Menyusul Bambang Pamungkas?

Ismed Sofyan memang layak untuk mengikuti program kepelatihan di Spanyol. Berbeda dengan rekan setimnya, Bambang Pamungkas, yang belum mengambil lisensi kepelatihan sama sekali, Ismed Sofyan sudah sempat mengikuti kursus lisensi kepelatihan yang diadakan oleh PSSI dan AFC.

Artinya, ketika memutuskan pensiun, Ismed Sofyan sudah memiliki bekal untuk bisa langsung terjun ke dunia kepelatihan. Namun, patut dinantikan, apakah artinya Ismed Sofyan akan gantung sepatu pada akhir musim ini, mengikuti jejak Bambang Pamungkas yang sudah melakukanya pada akhir musim lalu?

Kini Bambang Pamungkas sudah gantung sepatu dan ditunjuk menjadi manajer tim Persija Jakarta. Bukan tidak mungkin ketika Ismed Sofyan pensiun akan tetap bersama Persija dan bergabung dalam tim kepelatihan.

Sumber: Persija

Video Populer

Foto Populer