Sukses


Prediksi Persebaya Vs Persik: Belum Kekuatan Penuh

Bola.com, Jakarta Piala Gubernur Jatim 2020 bakal dibuka dengan pertemuan antara Persebaya Surabaya kontra Persik Kediri. Dua tim Grup A itu akan berduel di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Senin (9/2/2020) sore.

Ini jadi kesempatan buat Persebaya untuk memulai kiprah dalam sebuah ajang dan membuat timnya lebih matang menghadapi Liga 1 2020.

Apalagi, klub berjulukan Bajul Ijo itu punya nama-nama baru dalam skuat musim ini. Sebut saja Makan Konate, Mahmoud Eid, Patrich Wanggai, Arif Satria, Rivky Mokodompit dll. Namun, Persebaya kemungkinan tidak menurunkan kekuatan penuh saat berjumpa dengan Persik.

Sebab, beberapa pemain kunci itu sudah tampil saat menang 3-1 atas Sabah FA dalam uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (8/2/2020).

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memikirkan kondisi kebugaran anak asuhnya. Risiko besar harus diambilnya jika memaksa menurunkan nama-nama tersebut. 

“Saya akan merotasi pemain. Saya tidak bisa memaksakan mereka untuk tampil terus. Kami masih punya dua pertandingan lain di Piala Gubernur ini. Saya akan memberi kesempatan untuk pemain lain,” kata Aji Santoso.

Di sisi lain, Persebaya masih perlu meraba kekuatan Persik, yang notabene klub promosi dengan status juara Liga 2 2019. Klub berjulukan Macan Putih itu juga mendatangkan amunisi baru seiring naik ke kasta tertinggi. 

Aji enggan pusing dengan komposisi calon lawannya itu. Dia tetap memandang Persik sebagai sebuah tim penuh tradisi. Sebagai catatan, klub asal Kota Tahu itu merupakan kampiun Divisi Utama 2003 dan 2006. 

“Persik punya kekuatan dengan statusnya sebagai tim promosi. Mereka cukup bagus, terutama saat bermain di Liga 2 lebih mendominasi dari tim-tim lain. Kami tetap waspada dan tidak boleh meremehkan lawan,” ucap Aji.

“Siapapun yang menjadi lawan kami, Persebaya tetap akan memainkan gaya permainan yang sama. Kami sendiri tidak boleh mengubah gaya permainan,” imbuh pelatih berusia 49 tahun tersebut.

 

Video

2 dari 3 halaman

Persik dengan Materi Lokal

Persik Kediri juga tak turun dengan kekuatan penuh melawan Persebaya. Dua pemain asing, Ante Bakmaz dan Fargas Vega, baru datang, sehingga dari sisi fisik dan teknis, mereka belum siap bila dimainkan. Jika pun diturunkan akan sangat rentan cedera.

"Insya Allah, kami pakai pemain lokal. Kami tak bermaksud meremehkan Persebaya. Tapi memang kondisi persiapan Persik seperti ini. Saya belum berani menurunkan Bakmaz dan Fargas. Meski saya membutuhkan mereka," kata Joko Susilo, pelatih Persik.

Kendati begitu, pria asal Cepu, Jateng, yang akrab disapa Getuk ini tetap yakin dengan skuat lokalnya.

"Saya harus optimistis dengan pemain saya. Mereka sudah latihan bersama dan beberapa kali uji coba. Anak-anak sudah kompak dan penuh motivasi. Mereka juga pasti mampu meladeni Persebaya yang punya pemain bagus," tuturnya.

Soal target skor akhir, Joko Susilo ingin yang terbaik. "Saya hanya ingin melihat sejauh mana hasil latihan mereka. Jika anak-anak bisa memainkan skema yang saya berikan, semoga hasilnya bagus," ujarnya.

Eks asisten Timnas Indonesia ini juga tak merasa terbebani di turnamen pra-musim ini. "Ini turnamen bergengsi. Target kami ingin yang terbaik. Tapi saya juga tak merasa terbebani. Misi kami di Liga 1 nanti, karena tim Persik disiapkan untuk kompetisi," ucapnya.

Joko Susilo pun meminta Persikmania tak punya harapan berlebihan terhadap kiprah Faris Aditama dkk. di Piala Gubernur Jatim ini.

"Saya kira suporter selalu mengikuti perkembangan persiapan Persik. Saya pikir mereka juga tahu kekuatan tim ini dibanding tim lainnya. Jadi, suporter pasti bisa berhitung bagaimana peluang kami di turnamen ini," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Arif Satria, Koko Ari Araya (belakang); Aryn Williams, Ricky Kambuaya, Makan Konate (gelandang); Mahmou Eid, David da Silva, Patrich Wanggai (depan)

Pelatih: Aji Santoso 

Persik (4-3-3): Dimas Galih (kiper), Dany Saputra, Ibraham Sanjaya, Andri Ibo, Munhar (belakang), Vava Mario Yagalo, Faris Aditama, Galih Akbar Febrian, Sackie Teah Doe, Paulo Sitanggang (tengah), Antoni Putro Nugroho (depan).

Pelatih: Joko Susilo

 

Video Populer

Foto Populer