Sukses


Catatan Aji Santoso untuk Pemain Muda Persebaya Setelah Kalahkan Persik

Bola.com, Bangkalan - Persebaya Surabaya sukses memetik kemenangan dalam laga perdana Grup A Piala Gubernur Jatim 2020. Mereka unggul 3-1 (3-0) atas Persik Kediri di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Senin (10/2/2020).

Semu gol Persebaya lahir pada babak pertama, masing-masing dicetak oleh Mochamad Supriadi (19'), Hambali Tolib (42'), dan Alwi Slamat (45+1'). Satu gol balasan Persik dicetak oleh Ante Bakmaz pada menit ke-50.

Menariknya, pelatih Persebaya, Aji Santoso, menurunkan 11 pemain lokal di laga ini. Bahkan, mayoritas merupakan pemain muda. Hanya kiper Rivky Mokodompit dan striker Patrich Wanggai yang terhitung sebagai pemain senior.

"Saya mencoba menurunkan seratus persen pemain lokal pada babak kedua karena harus rotasi. Secara keseluruhan cukup bagus, Saya beri kesempatan kepada pemain lain untuk istirahat," kata Aji Santoso.

Tiga pemain asing, yaitu Makan Konate, Mahmoud Eid, dan David da Silva, baru dimasukkan pada babak kedua. Penyebabnya, mereka baru saja tampil dalam uji coba kontra Sabah FA, Sabtu (8/2/2020).

"Saya mencoba memainkan pemain asing maksimal 30 menit bermain saja. Saya mempertimbangkan kondisi kebugaran mereka masih ada pertandingan berikutnya," ucap Aji.

"Sebenarnya kalau bisa menurunkan kekuatan terbaik kenapa tidak. Saya tidak mungkin memasang susunan pemain yang sama karena kami harus merotasi pemain," imbuh pelatih yang juga legenda Persebaya itu.

Video

2 dari 2 halaman

Pembuktian Pemain Muda

Persebaya membuktikan deretan pemain muda mampu menceploskan tiga gol di babak pertama. Sayang, mereka kebobolan satu gol dalam situasi tendangan pojok lewat sundulan Ante Bakmaz.

Ini jadi kali kedua Persebaya kebobolan dengan skema yang sama. Sebelumnya, hal serupa terjadi saat mereka menang 3-1 atas Sabah FA. Gol tim tamu itu lahir dari situasi yang sama persis.

"Kami masih perlu mengasah lagi kemampuan antisipasi bola mati dalam situasi bertahan. Ini jadi catatan kami dan pasti akan saya benahi," ucap pelatih berusia 49 tahun itu.

Video Populer

Foto Populer