Sukses


Shin Tae-yong Dapat Pujian dari Pelatih Klub Liga 1

Bola.com, Bangkalan - Pelatih-manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapat pujian dari empat pelatih yang bertanding di Grup B Piala Gubernur Jatim 2020. Di mata mereka, pendekatan dan komunikasi eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu sangat baik.

Pada kunjungan pertamanya di Jawa Timur saat penyelenggaraan fase penyisihan grup Piala Gubernur Jatim, Shin Tae-yong tidak sekadar memantau pemain dari klub Liga 1.

Ia juga menemui empat pelatih secara bergantian untuk membicarakan kemungkinan pemanggilan pemainnya ke pemusatan latihan kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia, khususnya laga kontra Thailand dan Uni Emirate Arab.

"Dia pelatih yang sangat sopan dan sangat memahami kultur ketimuran. Bagi kami, cara dia berkomunikasi dengan kami, meski diterjemahkan oleh Yoo Jae-hoon terlihat baik," ungkap Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Hal sama diungkapkan oleh Rahmad Darmawan dan Joko Susilo. Pelatih Madura United dan Persik Kediri itu menilai Shin Tae-Yong merupakan sosok yang baik dan bagus dalam membangun komunikasi dengan pelatih di level klub.

"Itu kesan pertama kami setelah bertemu dengannya. Dia pelatih dengan kepribadian yang bagus. Mungkin dia orang Asia, jadi tahu etika dan kultur orang-orang Asia," ujar pelatih yang disapa RD itu.

"Layaknya orang Timur, ada kesan yang bagus dalam caranya berkomunikasi. Kami sebagai pelatih klub merasa dihargai sehingga kami juga sangat respek pada dia," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Memantau Pemain

Shin Tae-yong terlihat menyaksikan dua laga di Bangkalan pada Rabu (12/2/2020). Dia dan timnya langsung bekerja dengan membuat catatan perihal siapa saja pemain yang ia pantau.

Hanya, pelatih asal Korea Selatan itu tidak bersedia mengungkap siapa saja pemain dari empat tim yang bertanding di Grup B yang masuk adarnya. Shin Tae-yong hanya menjelaskan bahwa keseluruhan pemain Indonesia masih kurang secara fisik dan mental tandingnya.

Di sisi lain, pelatih berusia 50 tahun itu melalui PSSI sudah memanggil 34 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta, mulai Jumat hari ini (14/2/2020) hingga 23 Februari mendatang.

Video Populer

Foto Populer