Bungkam Madura United, Persebaya Amankan Tiket Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 14 Feb 2020, 17:23 WIB
Diperbarui 14 Feb 2020, 17:27 WIB
Madura United, Persebaya Surabaya, Jaimerson Xavier, David da Silva

Bola.com, Bangkalan - Persebaya Surabaya bangkit dari kekalahan dan menyegel satu tempat di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 setelah menang atas Madura United dalam laga terakhir Grup A yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat (14/2/2020). Menjalani laga yang sengit, tim berjulukan Bajul Ijo itu menang 4-2 atas Madura United dan lolos ke semifinal.

Kedua tim bermain begitu menekan sejak awal pertandingan. Madura United yang mengandalkan Greg Nwokolo, Haris Tuharea, dan Alberto Goncalves di lini depan, serta pasokan bola dari Syahrian Abimanyu dan Brian Ferreira, terus berusaha untuk bisa meraih keunggulan demi mengamankan tiket ke semifinal.

Sementara itu, Persebaya Surabaya yang wajib meraih kemenangan pun tidak kalah greget. Berulang kali David da Silva dan Makan Konate menjadi motor serangan yang mengancam pertahanan Madura United yang dikawal Satria Tama di bawah mistar gawang dan Jaimerson Xavier serta Kadek Raditya yang berada di pusat pertahanan.

Persebaya akhirnya berhasil membuka keunggulan pada menit ke-22 lewat gol yang dicetak oleh Makan Konate. Playmaker asal Mali itu berhasil menjebol gawang Satria Tama lewat tembakan jarak jauh setelah terlebih dulu mengecoh Syahrian Abimanyu.

Tertinggal membuat Madura United kian bernafsu untuk menyerang pertahanan Persebaya. Namun, Bajul Ijo tak begitu saja mau ditekan. Tim asuhan Aji Santoso tetap berusaha untuk bisa keluar dari tekanan dan menciptakan peluang.

Hasilnya berbuah manis pada menit akhir babak pertama. Makan Konate mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini setelah menerima umpan terobosan dari David da Silva.

Dengan sontekan ringan, pemain asal Mali itu menaklukkan Satria Tama untuk kembali menjebol gawang Madura United. Persebaya Surabaya pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

 

2 dari 4 halaman

Makin Sengit di Babak Kedua

Madura United langsung bermain menekan di awal babak kedua. Sebuah peluang didapatkan oleh Beto Goncalves dan Greg Nwokolo pada menit ke-46. Namun, sayang, Rivky Mokodompit dan pertahanan Persebaya Surabaya lainnya masih mampu mengamankan gawang dari kebobolan.

Serangan demi serangan terus dilakukan oleh Madura United hingga akhirnya pada menit ke-60 upaya tersebut berbuah hasil. Alberto Goncalves berhasil mencetak gol bagi Madura United setelah menceploskan bola dengan sontekan mudah di depan gawang setelah menerima umpan Brian Ferreira lewat tandukannya.

Membuat kedudukan menjadi 1-2, Madura United makin bersemangat untuk menyusun serangan. Namun, Persebaya justru yang berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1. David da Silva mencetak gol ke gawang Madura United pada menit ke-64 setelah memanfaatkan bola liar hasil tepisan Satria Tama yang menghalau tembakan Ricky Kambuaya.

Namun, hanya selang satu menit, Madura United kembali mempertipis jarak menjadi 2-3. Sebuah tembakan placing yang dilepaskan oleh Haris Tuharea membuat gawang Rivky Mokodompit jebol untuk kedua kalinya.

Persebaya berhasil menambah pundi gol lagi pada menit ke-80 lewat gol tandukan yang dilakukan Arief Satriya. Memaksimalkan umpan set-piece Makan Konate, Areif yang tidak terkawal di kotak penalti Madura United langsung menanduk bola dengan keras dan menjebol gawang Satria Tama.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan 4-2 untuk keunggulan Persebaya tidak berubah. Tim asuhan Aji Santoso itu pun kini kembali ke puncak klasemen Grup A untuk sementara dengan enam poin dari tiga laga, unggul dua poin dari Bhayangkara FC dan Madura United.

Meski belum bisa memastikan diri lolos sebagai juara grup atau runner-up karena masih menunggu laga antara Bhayangkara FC kontra Persik Kediri pada Jumat malam, Persebaya sudah bisa bernafas lega karena satu tiket semifinal sudah pasti menjadi milik mereka.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Satria Tama (kiper); Marcho Meraudje, Kadek Raditya, Jaimerson Xavier, Andik Rendika Rama (belakang); Guntur Ariyadi, Syahrian Abimanyu, Brian Ferreira (tengah); Haris Tuharea, Greg Nwokolo, Alberto Goncalves (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persebaya Surabaya (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Aburizal Maulana, Koko Ari Araya, Arief Satriya, Rizky Ridho (belakang) Aryn Williams, Hambali Tholib, Makan Konate (tengah); Supriyadi, Bayu Nugroho, David da Silva (depan)

Pelatih: Aji Santoso

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓