Bek Muda Persebaya Tak Menyangka Dipanggil Mengikuti TC Timnas Indonesia

Oleh Aditya Wany pada 15 Feb 2020, 08:15 WIB
Diperbarui 15 Feb 2020, 08:15 WIB
Persebaya Surabaya, Koko Ari Araya

Bola.com, Bangkalan - Piala Gubernur Jatim 2020 membawa berkah untuk bek muda Persebaya Surabaya, Koko Ari Araya. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Berkah itu tidak lepas dari pantauan langsung manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang datang ke Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Rabu (12/2/2020). Dalam laga itu, Koko tampil cukup apik meski Persebaya kalah 0-1 dari Bhayangkara FC.

Shin Tae-yong lantas mengontak pelatih Persebaya, Aji Santoso, soal pemanggilan Koko. Pemain asli Surabaya itu terkejut ketika dirinya mampu menarik perhatian pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Saya tidak menyangka dipanggil ke Timnas Indonesia. Coach Shin Tae-yong melihat saya. Sebelum latihan, Coach Aji bilang saya harus ke timnas," kata Koko menjawab pertanyaan Bola.com, Jumat (14/2/2020).

"Sejak kecil saya memimpikan ini. Timnas Indonesia kan impian semua pemain. Masih tidak menyangka bisa mendapat kesempatan ini," imbuh mantan pemain Persebaya U-20 tersebut.

2 dari 3 halaman

Kesempatan Perdana

Ini menjadi kali pertama pemain jebolan kompetisi internal Persebaya itu masuk Skuat Garuda. Sebelumnya, dia bahkan tak pernah mendapat kesempatan bergabung Timnas Indonesia kelompok usia.

"Saya tidak ada persiapan khusus ke timnas. Mungkin tanya-tanya saja ke beberapa teman yang sudah pernah ke timnas. Mereka memberi tahu saya seperti apa karakter Coach Shin itu," tutur Koko Ari Araya.

Pemanggilan ini membuat Koko harus absen di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020. Persebaya sendiri lolos dengan status juara Grup A. Mereka kemungkinan akan berjumpa dengan Arema FC atau Persija Jakarta yang sudah memastikan lolos dari Grup B tapi masih harus menentukan status juara dan runner-up pada pertandingan terakhir, Sabtu (15/2/2020).

Koko sebenarnya dipromosikan ke tim senior Persebaya sejak musim lalu. Pada putaran pertama Liga 1 2019, dia dipinjamkan ke Persebaya U-20. Baru putaran kedua dia mendapat kesempatan debut bersama klub berjulukan Bajul Ijo itu.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓