Sabah FA Makin Percaya Diri setelah Bawa Pulang Poin dari Piala Gubernur Jatim

Oleh Iwan Setiawan pada 15 Feb 2020, 19:10 WIB
Diperbarui 15 Feb 2020, 19:10 WIB
Sabah FA

Bola.com, Malang - Klub promosi Malaysia Super League, Sabah FA, bisa pulang dari Piala Gubernur Jatim 2020 dengan sedikit tersenyum. Tim asuhan Kurniawan Dwi Yulianto itu berhasil menyabet satu poin di laga terakhir kala menghadapi Persela Lamongan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (15/2/2020). Kurniawan menyebut satu poin itu membuat timnya bisa lebih percaya diri saat memulai kompetisi di Negeri Jiran.

Setelah mengalami kekalahan dalam dua laga sebelumnya, yaitu takluk dari Arema FC dan Persija Jakarta, Sabah FA menutup keikutsertaan di Piala Gubernur Jatim 2020 dengan bermain imbang 2-2 dengan Persela Lamongan. Sabah FA pun meraih satu poin yang membuat mereka finis di posisi ketiga dalam klasemen Grup B.

Sabah FA dua kali unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak Alto Linus dan Hector Omar. Namun, dua kali pula Persela bisa menyamakan kedudukan lewat gol Ryan Winadanta dan Malik Risaldi.

Meski hanya meraih satu poin dalam tiga pertandingan yang dijalani di Malang, Kurniawan Dwi Yulianto menyebut timnya telah memberikan kemajuan yang bagus.

"Pertandingan tadi berjalan bagus. Tapi, seperti sebelumnya kami kebobolan karena kesalahan sendiri. Namun, melihat kepercayaan diri di lapangan, sudah ada peningkatan," ujar pelatih yang juga merupakan mantan striker Timnas Indonesia itu.

Dalam laga terakhir ini, Sabah FA sebenarnya hanya mematok target bisa mencetak gol dan tidak melakukan kesalahan di lini belakang. Maklum, dalam dua laga pertama mereka tidak bisa mencetak gol meski mendapatkan sejumlah peluang dan kerap melakukan pelanggaran di kotak penalti.

 

2 dari 3 halaman

Fokus Perbaiki Lini Pertahanan

Kurniawan Dwi Yulianto
Kurniawan Dwi Yulianto, pelatih Sabah FA. (Bola.com/Aditya Wany)

Hasilnya, Sabah FA sukses mencetak dua gol ke gawang Persela. Menurut Kurniawan, kini hanya tinggal meminimalisasi kesalahan yang kerap dilakukan di area pertahanan.

"Kami harus perbaiki kesalahan yang dilakukan dalam pertandingan. Masih ada 12 hari sebelum Liga Super Malaysia dimulai. Sementara pemain sudah bisa percaya diri dan tidak mudah kehilangan bola," ujar Kurniawan.

Sabah FA mengakhiri turnamen Piala Gubernur Jatim 2020 di posisi ketiga klasemen akhir Grup B dengan 1 poin. Mereka unggul selisih gol ketimbang Persela yang ada di posisi juru kunci.

“Kami senang mengikuti turnamen ini. Sebelumnya juga sempat melakukan satu uji coba melawan Persebaya. Total ada 4 pertandingan. Ini jadi modal penting sebelum kompetisi dimulai. Secara mental, pemain lebih siap bertemu dengan lawan yang agresif seperti tim Indonesia,” jelas Kurniawan.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓