Jokowi Berharap Stadion Manahan Terpilih sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 16 Feb 2020, 14:30 WIB
Diperbarui 16 Feb 2020, 14:30 WIB
Jokowi Resmikan Stadion Manahan

Bola.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berharap Stadion Manahan, Solo dapat terpilih sebagai satu di antara tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 seiring dengan rampungnya proses renovasi yang memakan waktu satu tahun lebih.

Pemugaran Stadion Manahan menghabiskan anggaran Rp 301 miliar dan telah diresmikan oleh Jokowi pada Sabtu (15/2/2020).

"Kami berharap tentunya pada 2021, Stadion Manahan Solo bisa ditetapkan sebagai stadion untuk Piala Dunia U-20 oleh PSSI maupun FIFA. Sehingga kami nanti bisa bersama-sama melihat laga internasional di stadion yang sangat megah ini," tutur Jokowi dalam rilis yang diterima Bola.com, Minggu (16/2/2020).

Pada kesempatan yang sama, Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menyatakan, dengan diresmikannya Stadion Manahan oleh Jokowi, maka pengelolaan stadion diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

"Tepat pukul 19.00 WIB telah diserahkan pengelolaan sementara Stadion Manahan dengan pagu anggaran Rp 301 miliar kepada Pemerintah Kota Surakarta," jelas Hadi Rudyatmo.

Rudy mengajak kepada seluruh suporter dan masyarakat Solo untuk bersama-sama menjaga dan merawat Stadion Manahan dengan sebaik-baiknya.

2 dari 3 halaman

Sambutan Ketua PSSI

Stadion Manahan Solo
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, foto bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat peresmian Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/2/2020). Stadion tersebut merupakan salah satu calon veneu di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. (Dokumentasi PSSI)

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan berharap gairah sepak bola di Solo, terutama Persis Solo, meningkat seiring dengan wajah baru Stadion Manahan.

"Selamat untuk warga Solo atas stadion yang sangat megah dan menakjubkan ini. Apalagi, Stadion Manahan termasuk satu di antara stadion yang dinominasikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021," ujar Iriawan 

"Sebuah even besar yang akan mengangkat derajat bangsa kami. Karena inilah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia," kata pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

Peresmian renovasi Stadion Manahan sekaligus sebagai acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 organisasi suporter Pasoepati serta peringatan Hari Jadi ke-275 Kota Solo. Acara ini juga dihadiri Jokowi bersama beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓