Duel Pelatih Persebaya Vs Arema: Nostalgia Aji Santoso

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 18 Feb 2020, 07:45 WIB
Diperbarui 18 Feb 2020, 07:45 WIB
Persebaya Surabaya vs Arema FC
Pertandingan Persebaya melawan Arema selalu memiliki tempat spesial buat Aji Santoso. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Blitar - Persebaya Surabaya bakal menghadapi Arema pada laga semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 yang digelar di Stadion Soeprijadi, Kota Blitar, Selasa (18/2/2020). Laga ini menjadi ajang nostalgia buat pelatih Bajul Ijo, Aji Santoso.

Sorotan selalu mengarah ke Aji Santoso jika kedua tim bertemu. Maklum, pelatih berusia 49 tahun itu memiliki kenangan indah di Persebaya Surabaya dan Arema.

Aji tercatat pernah bermain di kedua klub tersebut. Selain itu, selesai berkarier sebagai pemain, Aji Santoso juga pernah melatih di Arema dan sekarang di Persebaya.

Arema memiliki tempat spesial buat Aji Santoso. Klub asal Kota Malang itu menjadi klub profesional pertama buat Aji, yakni pada 1987-1995. Ketika itu, Arema masih menggunakan nama Arema Malang.

Setelah itu, Aji Santoso bergabung dengan Persebaya pada 1995. Selama empat musim, Aji harus menahan cemoohan dari suporter Arema yang dikenal memiliki rivalitas panjang dengan Persebaya.

Aji ternyata mampu berlaku adil buat kedua klub tersebut. Aji memberikan gelar Galatama 1992-1993 buat Arema Malang, sedangkan Persebaya dapat gelar Liga Indonesia 1996-1997.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (Bola.com/Yoppy Renato)

Tren tersebut juga berlanjut ketika Aji Santoso berkarier sebagai pelatih. Pria asli Malang itu tercatat pernah menukangi Arema pada 2017 dan sukses mempersembahkan gelar Piala Presiden 2017.

Sementara itu, bersama Persebaya, Aji tercatat sudah tiga periode yakni pada 2009, 2010-2011, dan 2019 sampai sekarang. Pencapaian terbaik Aji Santoso adalah mempersembahkan gelar Liga Primer Indonesia 2011.

Namun, Aji tetap akan bersikap profesional di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020. Ia akan berjuang sekuat tenaga untuk membantu Persebaya mengalahkan mantan klubnya itu.

"Saya biasa saja, normal saja. Saya mau mempersiapkan seperti apa, waktu yang kami punya cuma dua hari. Tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi Arema," kata Aji Santoso kepada Bola.com.

"Tidak masalah menghadapi Arema. Ini pramusim, siapapun lawannya dan di mana pun kami main, Persebaya Surabaya siap. Kami tidak akan cari-cari lawan, ini hanya pramusim saja," tegasnya.

2 dari 3 halaman

Kejutan Mario Gomez

Mario Gomez
Pelatih Arema FC, Mario Gomez. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Persebaya Surabaya melaju ke semifinal setelah meraih predikat juara Grup A, sedangkan Arema merupakan runner-up Grup B. Selain sosok Aji Santoso, laga ini juga bakal menarik karena menjadi panggung perdana pelatih Mario Gomez menghadapi Persebaya sebagai pelatih Arema.

Mario Gomez merupakan sosok pelatih hebat yang musim ini bergabung dengan Arema. Pengalaman menukangi Persib Bandung dan Borneo FC memudahkan Mario Gomez berkarier di Indonesia.

Pelatih asal Argentina itu dikenal sebagai sosok yang gemar memainkan sepak bola menyerang. Gomez biasanya mengandalkan skema 4-3-3, di mana alur serangan bertumpu pada sektor sayap.

Dalam laga nanti, Mario Gomez diprediksi bakal mengandalkan trio Mariando Uropmabin, Kushedya Yudo, untuk menyokong pergerakan Jonathan Bauman di lini depan. Sementara itu, Aji juga dikenal sebagai pelatih yang gemar memainkan skema sama.

Aji diyakini bakal mengandalkan Supriyadi dan Bayu Nugroho untuk berkontribusi terhadap David da Silva sebagai ujung tombak. Menarik untuk menyaksikan duel klasik antarkedua tim Jawa Timur tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat