Asnawi Mangkualam Ceritakan Aturan Ketat Ala Shin Tae-yong

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 17 Feb 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 17 Feb 2020, 22:00 WIB
Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Senin, (17/2/2020). Latihan tersebut untuk persiapan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Para pemain Timnas Indonesia mulai merasakan ketatnya peraturan yang diberlakukan oleh manajer pelatih Shin Tae-yong. Arsitek asal Korea Selatan itu membatasi jam malam dan melarang skuadnya membawa ponsel ke tempat latihan.

Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mengatakan, para pemain Timnas Indonesia perlu meminta izin jika ingin keluar dari hotel tempat menginap. Itu juga paling lama, pukul 22.00 WIB sudah harus kembali ke hotel.

"Shin Tae-yong sangat disiplin. Kami dilarang keluar hotel. Kalau mau keluar, harus izin dan diberikan waktu juga," ujar Asnawi, Senin (17/2/2020).

Agar latihan berjalan fokus, skuad Timnas Indonesia juga tidak diperbolehkan membawa ponsel ke tempat latihan di Stadion Madya, Jakarta. Para pemain pun mengerti dengan peraturan yang dibuat oleh Shin Tae-yong.

"Paling lama keluar dari hotel itu pukul sembilan atau sepuluh malam. Selain itu, kami juga tidak boleh membawa ponsel ke tempat latihan," imbuh pemain PSM Makasssar ini.

2 dari 3 halaman

Digenjot Latihan Fisik

Latihan Timnas Indonesia U-22
Pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam, latihan terpisah dari rekan-rekannya di Stadion Rizal Memorial, Manila, Rabu (27/11). Latihan ini persiapan jelang laga SEA Games 2019 melawan Singapura U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Menurut Asnawi, program latihan Shin Tae-yong selama dua hari ke belakang masih fokus pada ketahanan tubuh. Adapun, pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia telah memasuki hari keempat.

"Selama dua hari ke belakang, kami latihan fisik. Selain berlatih di lapangan, kami juga berlatih kebugaran setiap harinya," tutur pemain berusia 20 tahun ini.

Asnawi juga tidak kaget dengan kedisiplinan Shin Tae-yong yang begitu detail. Apalagi, eks pemain Timnas Indonesia U-22 ini telah terbiasa dengan peraturan yang ketat.

"Sudah terbiasa kalau terkait kedisiplinan yang tinggi. Semua pelatih pun begitu, menerapkan hal yang sama," jelas Asnawi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓