RD Ungkap Alasan Menyimpan 2 Playmaker Madura United saat Melawan Persija

Oleh Aditya Wany pada 18 Feb 2020, 12:45 WIB
Diperbarui 18 Feb 2020, 12:45 WIB
Brian Ferreira, Zah Rahan

Bola.com, Malang - Madura United membuat keputusan mengejutkan saat berjumpa Persija Jakarta. Mereka tidak menurunkan playmaker andalan untuk melakoni duel semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (17/2/2020).

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, memutuskan tidak memasukkan Brian Ferreira dan Zah Rahan dalam starting eleven. Dua pemain itu duduk di bangku cadangan menyaksikan rekan-rekannya berjuang.

Padahal, Brian dan Zah Rahan adalah dua pemain asing yang diproyeksi menjadi motor serangan Madura United. Hanya Brian yang kemudian mendapat kesempatan tampil dengan menggantikan Guntur Ariyadi pada menit ke-77.

Selama pertandingan, hanya ada dua gelandang yang dimainkan oleh pelatih berusia 53 tahun itu. Rahmad Darmawan beralasan ada strategi baru yang coba dia terapkan di laga ini.

"Ini cuma bagian strategi. Kalau saya main 4-4-2, saya harus butuh orang di gelandang yang punya defens kuat, karena kami sudah punya gelandang serang dan sayap," kata Rahmad Darmawan.

"Kalau saya masukkan Brian, kami akan kehilangan orang yang kuat bertahan. Biasanya kami tidak pernah bermain dengan formasi 4-4-2. Hari ini kami coba seperti itu," imbuh pelatih Madura United yang akrab disapa RD itu.

2 dari 3 halaman

Perubahan Formasi

Persija Jakarta vs Madura United
Duel Persija vs Madura United di semifinal Piala Gubernur Jatim di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (17/2/2020). (Bola.com/Aditya Wany)

Madura United memainkan pola 4-3-3 dengan mengandalkan trisula penyerang Greg Nwokolo, Beto Goncalves, dan Emmanuel Oti. Trio lini tengah dihuni oleh Syahrian Abimanyu, Guntur Ariyadi, dan Haris Tuharea.

Namun, mereka mengubahnya menjadi 4-4-2 dengan menempatkan Oti bertandem dengan Beto. Greg dan Haris menempati posisi sayap, lalu Guntur dan Abimanyu wajib memenangkan duel lini tengah.

"Tentu kami melihat tiga pertandingan yang sudah kami lakukan. Dan situlah kami kemudian menganalisis kelebihan Persija. Saya memikirkan apa yang harus kami lakulan menghadapi Persija," ujar Rahmad.

Namun, strategi baru yang dicoba oleh RD ini kurang berhasil. Tanpa Zah Rahan dan penampilan Brian selama 13 menit, Madura United kalah tipis 1-2 dari Persija, dan gagal ke partai puncak.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓