Terus Dipercaya Bermain, Zalnando Sadar Ada yang Harus Dibuktikan di Persib Bandung

Oleh Erwin Snaz pada 19 Feb 2020, 20:50 WIB
Diperbarui 19 Feb 2020, 20:50 WIB
Zalnando
Bek Persib Bandung, Zalnando. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Bek sayap Persib Bandung, Zalnando mendapat kepercayaan dari pelatih Robert Alberts dalam beberapa kali ujicoba sebagai persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Ini akan dimanfaatkannya guna menjawab kepercayaan pelatih.

Pada musim 2019, eks pemain Sriwijaya FC itu memang lebih banyak duduk di bangku cadangan. Bahkan terkadang tidak masuk susunan pemain dalam pertandingan Persib. Kini pemain asal Cimahi itu selama pramusim terus mendapat kepercayaan Robert Alberts.

"Saya anggap itu sebagai kepercayaan dari pelatih, tapi ketika dapat kepercayaan saya sadar bahwa banyak yang harus saya perbaiki lagi karena tentu pelatih punya harapan juga kepada semua pemain yang diturunkan," ujar Zalnando, Rabu (19/2/2020) di Bandung.

"Jadi saya ingin menjawab harapan dari pelatih juga," katanya lagi.

Zalnando menyebutkan rangkaian ujicoba yang dilakukan Persib sangat penting, terutama melawan tim dari Liga 1 seperti PSS Sleman dan Tira Persikabo. Ini berguna agar Persib makin memahami peta kekuatan lawan.

"Buat saya ini menjadi ajang agar lebih tahu lagi kedalaman skuat Persib, baik itu kelebihan dan kekurangannya, agar lebih paham saat bertemu dengan lawan sesama dari Liga 1," ucap Zalnando.

Diakui Zalnando, dalam beberapa uji coba itu setidaknya bisa tahu dengan kekuatan tim lain di Liga 1 seperti Barito Putera, PSS Sleman, dan Tira Persikabo yang akan dihadapinya pada Jumat (21/2/2020).

Tak hanya itu, pemain kelahiran Bandung, 25 Desember 1996 ini pun mengaku juga memantau kekuatan tim-tim lain seperti tim yang bertarung di Piala Gubernur Jatim.

"Mereka saya liat persiapannya matang juga, persaingannya juga ketat, tim lain terus melakukan persiapan, tentunya buat kami jadi harus lebih siap lagi di Liga 1," kata Zalnando.

Meski demikian Zalnando menegaskan tetap optimistis menghadapi Liga 1 2020 nanti. Terlebih, kata dia, skuat Persib sebagian besar sudah bersama sejak musim 2019.

"Jadi kami optimistis. Insya Allah yang penting optimistis dulu, soal hasilnya bagaimana nanti saja. Yang penting kami jalani dengan baik dari pertandingan ke pertandingan," ucap pemain bernomor punggung 17 di Persib ini.

2 dari 3 halaman

Ujicoba ke Cilacap

Persib Bandung
Skuat Persib Bandung melakukan latihan mempersiapkan diri jelang Liga 1 2020. (Bola.com/Erwin Snaz)

Persib Bandung bertolak ke Cilacap dengan kekuatan 18 pemain untuk menjalani ujicoba lawan PSCS Cilacap, Kamis (20/2/2020) di Stadion Wijayakusuma, Cilacap.

"Ya kami membawa delapan pemain dari senior kemudian sisanya dari Maung Anom dan tiga pemain U-23 untuk uji coba lawan Cilacap nanti," jelas asisten pelatih Persib, Budiman di mess Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Rabu (19/2/2020) sebelum bertolak ke Cilacap.

Diakui Budiman, Persib sengaja membawa 18 pemain ke Cilacap karena pada Jumat (21/2/2020) nanti juga akan beruji coba lawan Tira Persikabo di Bandung.

"Tujuan kami ke Cilacap karena ada serangkaian ujicoba yang sangat dekat, jadi yang dibutuhkan ini menjaga kondisi fisik dan menit bertanding, biar semua sama, seimbang, jadi tidak ada perbedaan kondisi fisik antar pemain di Persib Bandung," ungkap Budiman.

Budiman juga berharap rangkaian ujicoba selama ini bisa jadi pegangan dan jadi motivasi semua pemain Persib Bandung pada Liga 1 2020 yang akan dimulai pada 29 Februari nanti.

"Saya yakin anak-anak kedepannya bisa lebih bagus lagi. Hasil dari tur sangat bagus untuk bermain di Liga 1 2020 nanti," kata Budiman lagi.

Budiman mengakui dalam beberapa kali ujicoba selama ini Dedi Kusnandar dkk. mengalami kemajuan yang bagus, baik secara fisik, teknik, dan kerjasama tim.

"Mereka tinggal diasah lagi finishing karena dalam beberapa uji coba yang harusnya gol, justru tidak menjadi gol," ucap Budiman mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020