Sukses


4 Klub Liga Indonesia Ini Jalin Kerja Sama dengan Kampus, Terbaru Persebaya Surabaya

Bola.com, Jakarta - Universitas Muhammadiyah Surabaya menjadi satu di antara sponsor tim Persebaya yang akan berlaga pada kompetisi Liga 1 musim 2020. Itu artinya logo Universitas Muhammadiyah Surabaya akan muncul di jersey utama Persebaya.

Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Persebaya sudah meneken kerja sama di kampus setempat, Senin (17/2/2020). Kerja sama tersebut diteken oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, Dr Sukadiono dan Presiden Persebaya, Azrul Ananda.

Apa yang dilakukan Persebaya tersebut bisa dibilang jarang terjadi di Liga Indonesia. Karena sponsor yang menempel dalam jersey klub biasanya merupakan sebuah brand.

Yap, kebanyakan klub-klub akan menjalin kerja sama dengan dengan perusahaan ternama. Dengan bekerja sama dengan brand besar klub tentunya akan mendapat keuntungan terutama dalam hal nominal.

Di sisi lain, kolaborasi antara klub sepak bola dengan kampus seperti yang dilakukan Persebaya bukanlah kali pertama di Indonesia. Hal serupa pernah terjadi pada klub-klub lain di Liga Indonesia.

Selain Persebaya Surabaya, kira-kira klub mana saja yang pernah menjalin kerja sama dengan kampus? Berikut ini Bola.com merangkum dari berbagai sumber, klub liga Indonesia yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi.

 

2 dari 4 halaman

1. Arema

Rival Persebaya Surabaya, Arema juga pernah menjalin kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 2018.

Dilansir dari web Universitas Muhammadiyah Malang, dengan kerja sama tersebut Arema berhak mendapat fasilitas stadion UMM sebagai tempat latihan. Kolaborasi tersebut juga disambut rektor UMM, Dr. H. Fauzan, M.Pd.

UMM bisa dibilang menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki basis pendukung resmi Arema yaitu Korwil Aremania Kampus Putih.

3 dari 4 halaman

PSIM Yogyakarta

Klub asal DIY, PSIM Yogyakarta pernah menjalin kerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada kompetisi musim 2018. Nama UAD terpampang pada bagian depan jersey klub berjuluk Laskar Mataram itu.

Dikutip dari web resmi Universitas Ahmad Dahlan, penandatangan kerja sama tersebut sebagai langkah awal untuk membantu pembinaan dan pendidikan, khusunya sepak bola.

"Harapan kami dengan adanya kerja sama ini, UAD bisa lebih dikenal oleh masyarakat, kemudian untuk PSIM semoga lebih berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Semoga bisa memberikan prestasi yang menggembirakan bagi para suporter dan masyarakat Yogyakarta," ujar perwakilan UAD, Dr. Kasiyarno, M. Hum dalam situs resmi kampus.

4 dari 4 halaman

PSS Sleman

Klub satu provinsi dengan PSIM, PSS Sleman, juga pernah berkolaborasi dengan satu di antara kampus di Yogyakarta. Klub berjuluk Super Elang Jawa itu menjalin kerja sama dengan Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) di Liga 1 2019.

Dilansir dari web Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Secara teknis bentuk kerja samanya antara lain UNISA memberikan layanan screening dan pemeriksaan kesehatan pemain PSS sesuai dengan PCMA (Precompetion Medical Assesment).

Selain itu memberikan beasiswa bagi atlet PSS untuk kuliah di UNISA Yogyakarta.

Video Populer

Foto Populer