Profil Klub Liga 1 2020 Borneo FC: Momentum Pesut Etam

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 21 Feb 2020, 09:15 WIB
Diperbarui 21 Feb 2020, 09:15 WIB
Pusamania Borneo FC Logo
Pusamania Borneo FC Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Borneo FC menatap Liga 1 2020 dengan modal berharga, yakni merekrut para pemain berkualitas. Wajar jika dibilang musim ini adalah momentum buat klub berjulukan Pesut Etam itu untuk bisa bersaing atau meraih gelar.

Dalam tiga musim terakhir, Borneo FC berada di papan tengah Liga 1. Pada 2017, mereka menghuni peringkat kedelapan dan dalam dua musim setelahnya konsisten di peringkat ketujuh.

Padahal, secara kualitas Borneo FC tak buruk-buruk amat. Mereka dihuni pemain lokal dan asing berkualitas yang bermain di bawah asuhan pelatih top.

Musim ini, Borneo FC juga bakal diasuh pelatih hebat yakni Edson Tavares. Pria asal Brasil itu memiliki segudang pengalaman yang diprediksi bakal membuat klub asal Kalimantan Timur itu berbahaya.

Sejumlah manuver pun dilakukan Borneo FC dengan merekrut pemain-pemain baru berkualitas. Untuk pemain lokal mereka mendatangkan Kevin Gomes, Imanuel Wanggai, Dedi Hartono, hingga Titus Bonai.

Sementara itu, materi pemain asingnya pun tak kalah mengerikan. Borneo FC merekrut Francisco Torres, Diogo Campos, dan Nuriddin Davronov. Mereka juga mempertahankan Javlon Guseynov.

Presiden Borneo FC, Nabil Husein, yakin kehadiran Edson Tavares bisa menghadirkan warna baru buat Borneo FC. Hal itulah yang diyakini bisa membuka peluang Borneo FC untuk bersaing memperebutkan gelar.

"Harapan kami dia bisa memberikan suasana tim dengan baik. Serta meningkatkan performa pemain muda," tegas Nabil.

Dengan semangat dan tekad yang kuat bukan hal mustahil bagi Borneo FC untuk menjelma menjadi tim tangguh di Liga 1 2020. Modal itulah yang membuat Titus Bonai dkk. berpeluang turut dalam perburuan gelar juara.

2 dari 5 halaman

Profil Pemain Bintang: Titus Bonai

Liga 1 Indonesia 2018: Persija Jakarta Vs Borneo FC
Pemain Borneo FC, Titus Bonai, saat pertandingan melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Sabtu (14/4/2018). Persija menang 2-0 atas Borneo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Borneo FC merekrut Titus Bonai pada 10 Februari 2020. Buat pemain yang akrab disapa Tibo itu, tim ini tentu bukan klub yang asing.

Pada 2018, Tibo sempat bermain untuk Borneo FC dan tampil sebanyak 28 kali dengan sumbangan tujuh gol. Wajar bila Tibo diharapkan bisa membuat lini depan klub berjulukan Pesut Etam itu disegani.

Keputusan manajemen Borneo FC merekrut Titus Bonai dianggap sudah tepat. Apalagi klub asal Kalimantan Timur itu ditinggal Lerby Eliandry yang merapat ke Bali United.

Titus Bonai merupakan tipikal penyerang tajam di lini depan. Musim lalu, pemain asal Jayapura itu mencetak 13 gol dalam 26 laga untuk Persipura Jayapura.

3 dari 5 halaman

Profil Pelatih: Edson Tavares

Persija Jakarta Vs Borneo FC
Pelatih Persija Jakarta, Edson Tavares, memperhatikan pemainnya saat melawan Borneo FC pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Senin (11/11). Persija menang 4-2 atas Borneo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Borneo FC membuat kejutan dengan mendatangkan Edson Tavares. Ini menjadi musim kedua pelatih asal Brasil itu berkarier di Indonesia.

Musim lalu, Edson Tavares menukangi Persija Jakarta. Namun, kariernya tak bertahan lama usai didepak karena tak memenuhi ekspektasi.

Berbekal pengalaman panjang di dunia kepelatihan, Edson Tavares bakal berguna buat Borneo FC. Bukan hal yang mustahil bagi Tavares untuk membantu Borneo FC bersaing gelar Liga 1 2020.

4 dari 5 halaman

Komposisi Pemain

Nuriddin Davronov
Borneo FC resmi mendatangkan Nuriddin Davronov. Pemain asal Tajikistan itu melengkapi kuota pemain asing Pesut Etam. (dok. Borneo FC)
  • Kiper: Dicky Indrayana, Gianluca Pandeynuwu, Muhammad Zul Fikri
  • Belakang: Aljufri Daud, Wildansyah, Abdul Rachman, Kevin Gomes, Andika Kurniawan, Wiranto, Javlon Guseynov, Diego Michiels, Mifathul Ikhsan, Andri Muliadi, Makarius Suruan
  • Tengah: Nuridin Davronov, Imanuel Wanggai, Sutan Samma, Dedi Hartono, Rifal Lastori, Ilhamsyah, Wahyudi Hamisi, Muhammad Sihran
  • Depan: Francisco Torres, Diogo Campos, Terens Puhiri, Guy Junior, Ulul Azmi, Titus Bonai

Posisi Musim Lalu: 7

Prediksi Bola.com: Papan atas

Revolusi besar-besaran dilakukan Borneo FC untuk mengawali Liga 1 2020. Pelatih dan pemain anyar diboyong demi memperkuat tim agar bisa bersaing.

Secara kualitas, Borneo FC memiliki peluang untuk bersaing gelar. Kini, segala sesuatunya berada di tangan Edson Tavares untuk memoles tim dan para pemain yang memegang peran kunci di lapangan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓