Sukses


Beda Alat Canggih yang Dipakai Shin Tae-yong, Luis Milla, dan Simon McMenemy di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berhasil membuat pencinta sepak bola Indonesia heboh dengan manuver barunya. Pelatih asal Korea Selatan itu memperkenalkan teknologi baru dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia pada Rabu (19/2/2020).

Teknologi baru yang digunakan Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong itu bernama Smart Gate. Alat ini berguna untuk mengukur kecepatan, kelincahan, dan kebugaran pemain.

Semua pergerakan pemain bakal langsung terekam dan terhubung ke komputer maupun gawai. Hasil dari rekaman itu bakal digunakan evaluasi pemain dan analisis dari pelatih.

Shin Tae-yong punya fokus lebih terhadap peningkatan fisik dan kebugaraan pemain Timnas Indonesia. Aspek kebugaran Tim Garuda disebut menjadi masalah yang berpengaruh besar terhadap performa tim.

Manuver Shin tentang penggunaan teknologi tersebut tentu layak mendapat apresiasi. Namun, Bola.com menemukan fakta menarik tentang manuver pelatih baru Timnas Indonesia itu.

Ternyata, Shin bukan satu-satunya pelatih yang memanfaatkan teknologi dalam program latihannya. Pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, yakni Simon McMenemy dan Luis Milla, juga pernah punya manuver yang sama.

2 dari 3 halaman

Teknologi yang Dipakai Luis Milla

Pada 2017 lalu, Luis Milla juga pernah memanfaatkan teknologi dalam program latihannya. Mantan pelatih Real Zaragoza itu menggunakan teknologi bernama action cam.

Saat itu, Milla merasa tak sanggup mengamati seluruh aktivitas para pemainnya di lapangan saat latihan. Keberadaan action cam itu dianggap cukup mempermudah Milla dalam melihat sepak terjang para pemainnya.

 

3 dari 3 halaman

Teknologi yang Dipakai Simon McMenemy

Bukan hanya Milla, Simon McMenemy juga punya teknologi andalan kala masih berstatus manajer Timnas Indonesia. Pelatih asal Skotlandia itu pernah menggunakan alat bernama GPS Sport Vest.

GPS Sport Vest adalah sejenis alat untuk mengirimkan data soal pergerakan pemain, jarak tempuh berlari, dan kecepatan. Data-data tersebut nantinya dikirim ke aplikasi yang terhubung di smartphone.

Secara garis besar, alat itu berguna untuk mengukur kemampuan seorang pemain dalam mengikuti sesi latihan.

Video Populer

Foto Populer