Skuat Timnas Indonesa Tidak Murni Pilihan Shin Tae-yong

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 22 Feb 2020, 04:45 WIB
Diperbarui 22 Feb 2020, 18:20 WIB
Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 34 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia bukan murni rekomendasi dari manajer pelatih Shin Tae-yong. Arsitek asal Korea Selatan itu hanya menerima daftar puluhan pemain dari asisten lokalnya seperti Indra Sjafri dan Nova Arianto.

Setelah berdiskusi dengan asisten lokalnya, Shin Tae-yong menjatuhkan pilihan terhadap 34 pemain.

"Pelatih lokal sudah memberikan data 75 pemain kepada saya. Setelah diskusi, kami memilih 34 pemain," ujar Shin Tae-yong, Jumat (21/2/2020).

"Para pemain ini sebenarnya bukan pilihan saya tapi asisten pelatih saya yang berasal dari Indonesia. Setelah itu sengaja kami menggelar uji coba untuk melihat kekurangan dan kelebihan pemain," tuturnya.

Meski begitu, terdapat empat personel Timnas Indonesia yang merupakan murni pilihannya. Keempatnya adalah Muhammad Adi Satrio, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan Alif, dan Irfan Jauhari.

Keempatnya adalah anak buah Shin Tae-yong saat menggelar TC di Timnas Indonesia U-19 pada Januari lalu.

"Melalui TC ini, kami bisa banyak melihat kemampuan para pemain. TC ini sangat berguna untuk saya," jelas Shin Tae-yong.

"Sekarang sudah terlihat jadi kami sudah tahu kelebihan dan kekurangan para pemain," imbuh pelatih berusia 50 tahun itu.

Memasuki akhir TC, Timnas Indonesia menelan kekalahan memalukan 1-4 dari Persita Tangerang di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih kepada setiap klub yang melepas para pemain demi kebutuhan negara.

"Terima kasih kepada semua klub. Sebenarnya, latihan kami sangat padat maka dari itu kami sengaja mengadakan uji coba ini," terangnya.

2 dari 3 halaman

Kilah Shin Tae-yong Usai Dihajar Persita Tangerang 1-4

Shin Tae-Yong Beri Keterangan Pertama Usai Diperkenalkan
Shin Tae-Yong saat perkenalan pelatih baru Timnas Indonesia di Ruang VVIP Stadion Pakansari, Kab Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong resmi menandatangani kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia selama 4 tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku kecewa dengan kekalahan telak timnya. Namun, arsitek asal Korea Selatan itu tetap memaklumi mengingat para pemainnya dilanda kelelahan.

"Jujur kalau untuk skor, saya kecewa. Tapi, inilah proses. Kami sudah kehilangan sembilan pemain yang dipulangkan ke klub dan ada empat pemain cedera," ujar Shin Tae-yong.

"Tapi, tak penting juga untuk skor. Karena kami memang perlu mengadakan laga seperti ini karena ingin mengetahui kemampuan pemain," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓