3 Launching Tim dan Jersey Kontestan Shopee Liga 1 2020 Ini Unik dan Kreatif

Oleh Yus Mei Sawitri pada 24 Feb 2020, 08:55 WIB
Diperbarui 24 Feb 2020, 18:55 WIB
Persija Jakarta

Bola.com, Jakarta - Perhelatan Liga 1 2020 akan bergulir bukan depan. Tim-tim kontestan Liga 1 terus bersiap, mulai dari menggaet pemain-pemain baru, mematangkan taktik, menggeber latihan, hingga menggelar uji coba. 

Bursa transfer pemain menjelang Liga 1 2020 bisa dibilang sangat menggeliat. Perpindahan pemain-pemain ternama yang mengejutkan suporter terus terjadi. 

Beberapa tim sangat aktif di bursa transfer, bahkan hingga dijuluki Los Galacticos. Sebut saja Bali United, Persija Jakarta, hingga Bhayangkara FC. Tim-tim tampaknya menyadari persaingan di Liga 1 2020 akan semakin berat hingga perlu mempersiapkan diri secara ekstra. 

Persiapan lain yang tak kalah penting tentu saja menggelar laga uji coba. Pertandingan-pertandingan uji coba tersebut penting untuk mengetahui sejauh apa perkembangan tim sebelum terjun ke pertarungan sesungguhnya. 

Fenomena menarik lain juga tersaji menjelang Liga 1 2020. Beberapa perkenalan atau launching tim peserta Liga 1 berlangsung unik dan kreatif. 

Belum semua tim peserta Liga 1 2020 memperkenalkan pemainnya secara resmi. Namun, beberapa klub sudah melakukannya. 

Berikut tiga perkenalan tim maupun jersey kontestan Liga 1 2020 yang sejauh ini dinilai unik dan kreatif. 

2 dari 15 halaman

Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya
Skuat Persebaya Surabaya Liga 1 2020. (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya Surabaya secara resmi merilis skuat untuk Liga 1 2020 pada Sabtu (8/2/2020) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Bajul Ijo menggelar perkenalan tim yang meriah.  

Launching tim ini berjalan meriah dengan kembang api. Puluhan ribu Bonek, suporter Persebaya, menjadi saksi deretan nama-nama yang masuk dalam skuat klub kebanggaan mereka.

Pada pembuka, panpel memainkan lampu LED sehingga stadion jadi lebih gelap. Suporter yang berada di tribune menambah bantuan cahaya dengan ponsel masing-masing, meski konsep yang direncanakan memang minim cahaya. 

Satu per satu nama-nama jajaran pelatih dan para pemain dipanggil untuk ke tengah lapangan. Setelah itu, Presiden Persebaya, Azrul Ananda berpidato. Berbeda dari biasanya, kali ini dia menyampaikannya dengan singkat.

Launching kemudian ditutup dengan laga persahabatan melawan Sabah FA. 

 

3 dari 15 halaman

2. Bali United

Bali United memperkenalkan jersey yang akan dikenakan sepanjang perhelatan Liga 1 2020 dengan cara unik. Klub berjuluk Serdadu Tridatu tersebut memilih memperkenalkan jersey dengan sebuah video pendek. 

Video berdurasi dua menit dua puluh detik itu diunggah manajemen Bali United di akun media sosial klub pada Jumat (21/2/2020). Yang berbeda, jersey tim tidak dikenakan oleh para pemain. Bali United menampilkan sederet perempuan yang memakai jersey terbaru mereka.

Dalam video tersebut tampakp para perempuan tersebut memakai jersey terbaru Bali United dengan menunjukkan tarian. Ada lima varian warna yang dipakai Bali United, yakni merah, kuning, hitam, ungu, dan putih.

Seperti pada musim-musim lalu, jersey yang akan dipakai penggawa Serdadu Tridatu masih dihiasi banyak sponsor. Kemudian dalam video yang diposting dalam akun @baliunitedfc juga terdapat captions.

"This is Our Home: Bali United Jersey 2020. We proudly present you with our 2020 Jersey Kit. Musim ini kami ingin berdedikasi kepada keluarga Bali United dan pulau ini," tulis Bali United

"This is our family, our home, our ocean. Karena klub ini tidaklah terbangun dari pemain saja, tapi juga para pejuang dibalik layar yang menjadi bagian dari keluarga besar kami."

"Peluncuran Jersey kali ini, kami ingin mengeluarkan semangat kebersamaan ini dengan tarian dan lagu yang kami telah ciptakan. We hope you, as our family, will wear this jersey and feel like home," tandasnya.

Video kemudian ditutup dengan joget bersama pemain Bali United di pinggir pantai.

 

 

 
 
 
View this post on Instagram

We proudly present you with our 2020 Jersey Kit. Musim ini kami ingin berdedikasi kepada keluarga Bali United dan pulau ini. This is our family, our home, our ocean. Karena klub ini tidaklah terbangun dari pemain saja, tapi juga para pejuang dibalik layar yang menjadi bagian dari keluarga besar kami. . . Peluncuran Jersey kali ini, kami ingin mengeluarkan semangat kebersamaan ini dengan tarian dan lagu yang kami telah ciptakan. We hope you, as our family, will wear this jersey and feel like home. . . Home Jersey Available @baliunitedstore TODAY. . . “OUR HOME” Original Music by Bali United Music Produced by: Housman Pranoto @housmanpranoto . . Choreography by: EKI DANCE COMPANY @ekidanceco . . Special thanks to: @yabestan . . #thisisourhome #BaliUnited #BeyondFootball #Unity #newjersey

A post shared by Bali United FC (@baliunitedfc) on

4 dari 15 halaman

3. Persija Jakarta

Persija Jakarta
Suasana launching Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (23/2/2020). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Persija Jakarta menggelar acara launching tim di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (23/2/2020). Kegiatan perkenalan pemain, skuat, dan sponsor Persija untuk Liga 1 2020 itu disiarkan secara langsung oleh Indosiar dan melalui streaming di Vidio.

Suasana launching Persija berlangsung meriah. Launching tim dimulai dengan penayangan video jersey Persija. Acara berlanjut dengan perkenalan skuat Macan Kemayoran dan jajaran pelatih. Satu per satu pemain dipanggil oleh presenter, Rendra Sudjono.

Untuk jersey, Persija memperkenalkan perpaduan merah-putih sebagai seragam kandang, warna putih-putih menjadi seragam tandang, dan kolaborasi oranye-putih khusus jersey ketiga.

Selain itu, Persija juga memperkenalkan 29 pemain dan jajaran staf pelatih untuk Liga 1 2020, minus Feby Eka Putra, gelandang yang kabarnya dipinjamkan ke Arema FC.

Acara terakhir pada rangkaian launching tim Persija Jakarta adalah uji coba melawan klub Singapura, Geylang International. 

Berikut ini beberapa komentar warganet tentang launching-launching tim Liga 1 2020 yang dianggap meriah dan unik.  

5 dari 15 halaman

1. Launching Tim Musim ini Dipegang Persebaya, Persija dan Bali United

6 dari 15 halaman

2. Launching Arema dan Persija Bagaikan Bumi dan Langit

7 dari 15 halaman

3. Sekarang Klub Indonesia Lebih Bergairah Adu Kreatif

8 dari 15 halaman

4. Launching Istimewa

9 dari 15 halaman

5. Begini Seharusnya Mengenalkan Tim Secara Profesional

10 dari 15 halaman

6. Dua Klub Ini Launchingnya Bagus

11 dari 15 halaman

7. Era Baru Sepak Bola Indonesia?

12 dari 15 halaman

8. Video Launching Jersey Bali United Tidak Murahan

13 dari 15 halaman

9. Segar Banget Idenya

14 dari 15 halaman

10. Keren Asli

15 dari 15 halaman

11. Persija Mewah, Persebaya Seru

Lanjutkan Membaca ↓