Indra Sjafri Mengakui Menyodorkan Daftar Pemain Timnas Indonesia ke Shin Tae-yong

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 25 Feb 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 25 Feb 2020, 18:15 WIB
Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, tidak menampik kabar dirinya yang menyerahkan daftar pemain ke Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia. Hal itu dilakukan Indra Sjafri karena ingin membantu Shin Tae-yong yang masih buta kualitas pemain Indonesia.

Kabar seputar adanya pemain titipan mencuat setelah Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Persita Tangerang dalam laga uji coba (21/2/2020). 

Setelah laga, Shin Tae-yong menyebut pemain yang mengikuti pemusatan latihan bukan pilihannya, melainkan dari pelatih lokal.

"Coach Shin kan orang baru, sedangkan saya sudah dari 2011 memegang Timnas Indonesia. Saya orang yang tahu persis perkembangan pemain-pemain di Indonesia. Oleh sebab itu, kami yang pelatih lokal terutama saya dan Nova yang kemarin membawa SEA Games, pasti dong pemain-pemain yang tampil kemarin itu coba dipanggil," kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri mengakui memang menyodorkan 75 nama pemain Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta. Namun, Indra menyebut keputusan akhirnya tetap Shin Tae-yong yang memilih 34 nama.

"Jadi, itu tidak perlu dipermasalahkan karena memang kewajiban pelatih lokal seperti saya memberikan rekomendasi dan input kepada pelatih luar. Tapi, tetap dia yang memutuskan," imbuh Indra Sjafri.

"Dia yang memanggil 34 nama tersebut, saya tidak ikut. Saya hanya memberikan nama yang saya anggap dan saya pahami mereka pantas untuk dipanggil. Rekomendasi saya juga ada yang tidak dipanggil dan sekarang semua sudah terbuka lebar," ujar pelatih asal Sumatra Barat itu.

Timnas Indonesia rencananya bakal menggelar pemusatan latihan tahap kedua bersama Shin Tae-yong mulai 16 Maret 2020. Ini jadi kesempatan pelatih asal Korea Selatan itu untuk memilih pemain secara langsung karena Shopee Liga 1 2020 sudah mulai bergulir pada akhir Febuari 2020.

2 dari 3 halaman

Minta Konflik tak Diperpanjang

Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ich

Indra Sjafri meminta kabar seputar adanya pemilihan titipan tidak lagi diperpanjang. Menurut Indra, beri kesempatan dan waktu kepada Shin Tae-yong untuk bekerja dengan tenang dan nyaman di Timnas Indonesia.

"Jadi, tidak usah diperdebatkan lagi masalah itu karena yang penting pemainnya disiapkan. Coach Shin bisa bekerja dengan nyaman dan tenang," tegas Indra Sjafri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓