Bungkam Shan United di Jakarta, PSM Raih 3 Poin Pertama di Piala AFC 2020

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 26 Feb 2020, 17:27 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 17:27 WIB
PSM Makassar Vs Shan United
AFC CUP - PSM Makassar Vs Shan United (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar berhasil mengamankan tiga poin pertama mereka di Grup H Piala AFC 2020. Tiga poin tersebut didapat oleh Juku Eja lewat kemenangan 3-1 atas Shan United dalam laga kedua Grup H Piala AFC 2020 yang digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020) sore WIB.

PSM Makassar langsung menggebrak sejak menit awal pertandingan. Memanfaatkan status sebagai tuan rumah meski harus bermain jauh dari Makassar, tim berjulukan Juku Eja itu pun langsung mendapatkan keunggulan saat laga baru berjalan dua menit.

Giancarlo Rodriguez membuka keunggulan PSM melalui tandukan kerasnya di depan gawang Shan United. Memanfaatkan umpan silang yang akurat dari Asnawi Mangkualam Bahar, pemain asal Brasil itu melompat tinggi dan menanduk bola hingga akhirnya mengoyak jala gawang tim tamu.

PSM tidak mengendurkan serangannya. Namun, upaya Osas Saha dkk. untuk bisa menambah keunggulan tidak berjalan dengan mudah. Shan United merapatkan pertahanan sembari menunggu momen untuk melakukan serangan balik.

Tim tamu memang tidak begitu saja mau ditekan. Beberapa kali area pertahanan PSM juga mendapatkan tekanan dari Shan United. Namun, hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan PSM.

Tekanan PSM berlanjut di babak kedua. Hasilnya hanya dalam tujuh menit pertandingan dimulai lagi Juku Eja menggandakan keunggulan. Yacob Sayuri mencetak sebuah gol yang sangat bagus dari dalam kotak penalti. Tembakan kaki kirinya yang keras membuat bola sempat membentur mistar gawang hingga akhirnya mengoyak jala gawang Shan United.

Shan United akhirnya mampu mencetak gol balasan untuk memperkecil jarak pada menit ke-78. Tim tamu berhasil mencuri gol lewat tembakan jarak jauh yang dilepaskan oleh Htet Phyo Wai, yang sebenarnya bisa dihalau oleh Miswar Saputra tapi justru masuk ke dalam gawang PSM.

Namun, PSM kembali menambah angka saat masa injury time. Ferdinand Sinaga menutup pertandingan dengan gol ketiga PSM setelah menerima umpan dari Yacob Sayuri. Setelah gol ini, pertandingan pun berakhir.

Kemenangan 3-1 ini membawa PSM meraih tiga poin pertamanya di Grup H Piala AFC 2020. Kemenangan ini untuk sementara mengangkat PSM ke peringkat kedua di Grup H dengan tiga poin, jumlah yang sama seperti Kaya-Iloilo yang berada di puncak klasemen dan Tampines Rovers yang tergeser ke peringkat ketiga.

Namun, posisi PSM Makassar masih mungkin bergeser mengingat dua tim dengan jumlah poin yang sama itu baru akan bertanding pada Rabu malam.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

PSM Makassar (3-4-3): Miswar Saputra (kiper); Asnawi Mangkualam Bahar, Hussein El Dor, Dedy Gusmawan (belakang); Rizky Pellu, Bayu Gatra, Leo Guntara, Ahmad Agung Setia Budi (tengah); Osas Saha, Yakob Sayuri, Giancarlo Rodriguez (depan)

Pelatih: Bojan Hodak

Shan United (6-4-0): Thiha Sithu (kiper); Nyein Chan, Ye Min Thu, Hein Thiha Zaw, Nanda Kyaw, Tagoe Daniel Nii Armah, Hein Phyo Win (belakang); Djedje Maximin Djawa, Pyae Sone Aung, Yan Naing Oo, Yakubu Abubakar (tengah)

Pelatih: Aung Naing

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓