Duel Pelatih Persija Vs Borneo FC: Pembalasan Sang Mantan?

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 01 Mar 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 01 Mar 2020, 09:30 WIB
Persija Jakarta vs Borneo FC
Shopee Liga 1 2020: Persija Jakarta vs Borneo FC. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta menjamu Borneo FC dalam laga pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (1/3/2020) sore WIB. Pertandingan ini akan sangat menarik, terutama bagi kedua pelatih yang berada di tepi lapangan.

Persija Jakarta dan Borneo FC sama-sama akan didampingi oleh pelatih kepala asal Brasil. Sergio Farias di sisi Macan Kemayoran, dan Edson Tavares berada di sisi Pesut Etam.

Bisa dipastikan pengaruh sepak bola Brasil akan diperlihatkan oleh kedua tim dalam pertandingan ini. Bahkan meski pertandingan ini akan menjadi pertemuan pertama dua pelatih asal Brasil itu, masing-masing tim tampaknya akan cukup mengerti permainan yang diperagakan oleh lawannya.

Para pemain Persija Jakarta dipastikan sudah cukup mengerti seperti apa Borneo FC akan bermain. Alasannya, Edson Tavares yang kini menangani Borneo FC merupakan pelatih Persija pada putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Empat bulan berada di bawah asuhan Tavares, Marko Simic dkk. pasti cukup mengerti karakter permainan yang bakal diterapkan oleh Borneo FC.

Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, melakukan latihan di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Rabu(28/1/2020). Gelandang Timnas Indonesia ini menjalani latihan terpisah karena masih pemulihan cedera. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Namun, begitu pun halnya dengan Borneo FC yang akan cukup mengetahui bagaimana pergerakan para pemain Persija. Keberadaan Edson Tavares sebagai pelatih kepala tentu sudah mempersiapkan strategi terbaik yang bakal diterapkannya untuk menghadapi Macan Kemayoran yang pernah ditanganinya itu.

Hanya saja, Borneo FC bisa kesulitan jika Sergio Farias, sang arsitek tim baru Persija, memberikan gaya permainan yang berbeda 100 persen dari musim lalu, di mana hal tersebut tidak mungkin mengingat sebagian besar pemain Persija pada musim lalu tetap dipertahankan, seperti Marko Simic, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Sandi Sute, Maman Abdurrahman, hingga Ryuji Utomo.

Tentu patut dinantikan, apakah sosok Edson Tavares di tepi lapangan Borneo FC akan membawa pengaruh besar kepada pertandingan ini? Atau Sergio Farias akan memberikan kejutan kepada Edson dan Borneo FC dengan gaya main Persija Jakarta yang berbeda?

2 dari 3 halaman

Misi Pembalasan?

Borneo FC, Edson Tavares, Nabil Husein
Pelatih anyar Borneo FC bersama Presiden Klub Nabil Husein. (Dok. Borneo FC)

Edson Tavares sempat dikabarkan pergi meninggalkan Persija Jakarta pada akhir musim 2019 karena didepak oleh manajemen klub. Bahkan kepada Bola.com, pelatih asal Brasil itu sempat mengaku kerja samanya dengan klub ibu kota tersebut diputuskan melalui pesan singkat.

Momen pertemuan antara Persija Jakarta dan Borneo FC di laga pekan pertama Shopee Liga 1 2020 ini tentu bisa menjadi ajang pembalasan bagi Tavares kepada Persija. Namun, sang pelatih mengaku sudah melupakan hal tersebut dan kini hanya fokus untuk membantu Borneo FC meraih hasil terbaik.

"Saya hanya empat bulan di Persija pada tahun lalu. Sejauh ini, saya melihat semua tim pasti akan membuat perubahan, di mana itu pun terjadi di Borneo FC dan Persija. Saya hanya akan berkonsentrasi kepada permainan tim," ujar Edson Tavares, Sabtu (29/2/2020).

"Dipecat secara baik atau tidak, itu adalah bagian dari sepak bola. Bagi saya yang terpenting sekarang adalah saya bekerja untuk Borneo FC, jadi saya akan fokus dengan Borneo FC dan melakukan yang terbaik untuk Borneo FC," lanjut pelatih asal Brasil itu.

 

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia