Sukses


Persebaya Merelakan Abduh Lestaluhu Bela Tira Persikabo

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya secara resmi melepas bek kiri Abduh Lestaluhu. Pemain berusia 26 tahun itu batal merapat ke Kota Pahlawan lantaran terikat kontrak dengan Tira Persikabo pada musim 2020.

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, menyebut pihaknya dan Tira Persikabo menjalin kesepakatan terkait polemik transfer Abduh ini.

“Kami melepas Abduh kembali ke Persikabo lewat proses yang sudah disepakati oleh kedua klub,” katanya. 

Persoalan Abduh ini menjadi perbincangan pada awal musim. Mulanya, dia mengumumkan telah memperpanjang kontrak bersama Tira Persikabo, klub yang dibelanya sejak 2016 itu, saat masih bernama PS TNI hingga sempat berganti menjadi PS Tira. Dia mengunggah foto perpanjangan kontrak itu paa 17 Januari. 

Kabar ini langsung membuat pelatih Persebaya, Aji Santoso, terkejut. Pasalnya, Abduh sudah menandantangi kontrak bersama tim Bajul Ijo pada awal Januari. Beberapa kali, Aji berpendapat bahwa pemain berdarah Maluku itu seharusnya sah menjadi milik Persebaya. 

Hanya beberapa hari kemudian, Abduh menghapus foto unggahannya dengan seragam Tira Persikabo. Sempat muncul indikasi bahwa dia akhirnya memilih untuk membela Persebaya. 

Sejak pertengahan Januari itu, pihak manajemen Persebaya dan Tira Persikabo saling berbalas komentar dan sama-sama merasa berhak sebagai pemilik Abduh. 

Akan tetapi, Abduh tidak kunjung muncul dalam latihan Persebaya. Sebaliknya, dia terlihat selalu hadir bersama tim Laskar Pajajaran, julukan Tira Persikabo. 

Video

2 dari 2 halaman

Akhiri Polemik

Nama Abduh lantas diumumkan dalam launching tim yang digelar oleh Persebaya pada 8 Februari 2020. Namun, Abduh tidak hadir dalam acara itu.

Beriktunya, Abduh terlihat hadir dan namanya juga diumumkan sebagai bagian Tira Persikabo dalam launching tim pada 23 Februari. 

Candra menilai keputusan melepas Abduh diperlukan demi kebaikan Persebaya dan masa depan sang pemain. Menurut Candra, polemik yang timbul bisa mempengaruhi mental pemain dan Persebaya.

“Mari akhiri polemik ini, sudah saatnya fokus dan yakin kepada tim. Tidak bisa kita terus tersandera dengan polemik yang tidak berkesudahan. Biarkan Abduh fokus dengan timnya dan Persebaya dengan targetnya,” tutur Candra.

Di situs resmi liga-indonesia.id, nama Abduh kini juga telah resmi masuk dalam skuat tim Tira Persikabo.

Video Populer

Foto Populer