Buntut Insiden Menendang Botol, Sandi Sute Dapat Sanksi Berat dari Persija

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 02 Mar 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 02 Mar 2020, 13:30 WIB
Bhayangkara FC Imbangi Persija Jakarta
Gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute, saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Jumat (23/3/2018). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta mengambil tindakan tegas terhadap perilaku Sandi Sute dalam laga pekan pertama Shopee Liga 1 2020 melawan Borneo FC, Minggu (1/3/2020). Pemain berusia 27 tahun itu mendapatkan sanksi larangan tampil 2 pertandingan karena dianggap melakukan tindakan indisipliner.

Sandi Sute mengeluarkan amarahnya setelah tidak terima ditarik keluar pada menit ke-20. Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, menggantikannya dengan Evan Dimas karena menganggap Sandi Sute tidak tampil baik.

Begitu ditarik keluar, Sandi Sute menendang botol minuman di pinggir lapangan. Sang pemain langsung menuju ruang ganti tanpa menghampiri bangku cadangan pemain.

Manajer Persija, Bambang Pamungkas, menyayangkan tindakan Sandi Sute. Pihaknya harus mengambil tindakan tegas dengan memberikan sanksi agar seluruh pemain bisa menegakkan aturan klub.

"Atas dasar rasa kebersamaan, saling menghormati, dan mendahulukan kepentingan tim di atas kepentingan pribadi, maka manejemen memutuskan untuk memberikan hukuman disiplin berupa skorsing sebanyak 2 pertandingan dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2020," kata Bambang seperti dikutip situs resmi klub, Selasa (2/3/2020).

"Semoga kejadian ini yang terakhir kali dan dapat menjadi pembelajaran. Tidak hanya bagi Sandi Sute, namun juga pemain yang lain," tegas pria yang akrab disapa Bepe itu.

Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan 3-2 atas Borneo FC pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Gol klub berjuluk Macan Kemayoran itu dicetak Osvaldo Haay (21'), Marko Simic (36'), dan Evan Dimas (86'), sedangkan gol Borneo FC dibukukan Francisco Torres (71') dan gol bunuh diri Ryuji Utomo (90+4')

2 dari 3 halaman

Batal Pindah

Piala Indonesia 2019: Persija Jakarta Vs Bali United
Gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute, saat melawan Bali United pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tindakan ini menjadi kehebohan kedua yang dilakukan Sandi Sute di Persija Jakarta. Pada Januari 2019, sang pemain sempat membuat kehebohan karena mendadak pindah ke klub promosi saat itu, Kalteng Putra.

Sandi Sute bahkan langsung menandatangani kontrak kerja sama. Padahal, Sandi Sute ketika itu masih terikat kontrak dengan Persija.

Walhasil, Sandi Sute meminta maaf dan batal pindah ke Kalteng Putra. Pemain asal Palu itu juga langsung mengembalikan uang muka yang telah diberikan Kalteng Putra sebesar Rp475 juta.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia