Sukses


Menpora Bocorkan Peluang Stadion Gelora Bung Tomo Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Bola.com, Surabaya - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, "membocorkan" peluang Stadion Gelora Bung Tomo untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Hal itu dilontarkannya di hadapan penonton, yang didominasi Bonek, saat membuka Shopee Liga 1 2020, Sabtu (29/2/2020).

"Tahun 2021, kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Insyaallah, GBT akan menjadi salah satu tempat untuk pertandingan itu," kata Zainudin Amali.

Peluang Stadion GBT untuk terpilih memang terbuka lebar. Stadion yang terletak di kawasan Surabaya Barat itu serius melakukan renovasi demi memenuhi persyaratan. Pemkot Surabaya juga bergerak menyediakan keperluan lain, seperti stadion pendamping.

Menpora Zainuddin mengingatkan kepada Bonek untuk ikut menjaga turnamen usia muda FIFA itu. Piala Dunia U-20 2021 menjadi momen penting untuk menunjukkan wajah Indonesia kepada dunia.

"Untuk itu, saya meminta kepada pendukung sepak bola seluruh Jawa Timur, khususnya Bonek, untuk memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 yang akan datang," kata menteri berusia 57 tahun itu.

"Siap, Bonek? Sanggup tertib? Kesebelasan dari berbagai negara akan datang ke Indonesia dan Surabaya. Dan, kita tunjukkan penonton atau suporter timnas, bisa tetib. Salam satu nyali, Arek-Arek Suroboyo!" imbuh Zainuddin yang disambut tepuk tangan meriah.

2 dari 2 halaman

Konflik dengan Gubernur Jatim

Di sisi lain, sebenarnya Bonek dan masyarakat Surabaya sempat terlibat perseteruan dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Khofifah menyebut Stadion Gelora Bung Tomo bau sampah lantaran lokasinya berdekatan dengan tempat pembuangan akhir.

Mantan Menteri Sosial itu lantas mengeluarkan pernyataan kontroversial dengan mengusulkan markas Arema, Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, sebagai pengganti. Sontak, Bonek melancarkan protes, apalagi Arema adalah tim rival Persebaya.

Khofifah hadir dalam laga pembuka Liga 1 2020 itu di Stadion GBT. Dia mendapat cemoohan dari Bonek saat pembawa acara menyebutkan kehadirannya.

Stadion Gelora Bung Tomo bersaing dengan sembilan stadion lain agar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Yakni, Gelora Bung Karno (Jakarta), Patriot Candrabhaga (Bekasi), Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Bogor), Si Jalak Harupat (Bandung), Mandala Krida (Yogyakarta), Manahan (Solo), Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), dan Gelora Sriwijaya (Palembang).

Video Populer

Foto Populer