Sukses


5 Catatan Menarik Pekan Pertama Shopee Liga 1 2020, Termasuk Rekor Unik Madura United dan Boaz Solossa

Bola.com, Jakarta - Kompetisi paling bergengsi di Indonesia, Shopee Liga 1 2020 sudah dimulai sejak Sabtu (29/2/2020). Laga pembuka mempertemukan Persebaya Surabaya kontra Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo.

Tentunya tak mudah bagi setiap klub mengawali laga perdana sebuah kompetisi bergengsi. Setiap kesebelasan pasti memiliki target tersendiri.

Situasi tersebut dialami Persebaya saat bersua Persik di laga perdana Shopee Liga 1 2020. Bermain di depan suporternya, Makan Konate dkk gagal meraih poin penuh.

Persebaya hanya bermain imbang 1-1 kontra Persik. Bahkan, Bajul Ijo harus tertinggal lebih dulu dari tim tamu malalui penalti Gaspar Vega pada menit ke-33.

Beruntung Hansamu Yama mampu menyamakan kedudukan tiga menit berselang. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga pertandingan usai.

Apa yang terjadi dalam pertandingan ini sangat berbeda dengan pramusim. Kedua tim pernah berjumpa di Piala Gubernur Jatim 2020, tepatnya 10 Februari, dan Persebaya menang 3-1.

Tak hanya itu, Persebaya kemudian keluar sebagai juara turnamen itu. Namun, tren positif Persebaya Suarabaya di Piala Gubernur Jatim tak berlanjut di laga pertama Shopee Liga 1 2020.

Kini, pentas Shopee Liga 1 2020 sudah menyelesaikan laga pekan pertama dengan total sembilan pertandingan. Ada beberapa catatan menarik sepanjang pertandingan perdana klub kontestan. Berikut ini beberapa catatan menarik Shopee Liga 1 2020 laga pekan pertama.

 

2 dari 6 halaman

1. Madura United Selalu Menang di Laga Perdana

Madura United memiliki catatan menarik pada laga pertama kompetisi kasta tertinggi di Indonesia. Klub asal Jawa Timur itu tercatat selalu menang saat melakoni pertandingan pekan pertama sejak 2016.

Pada pentas Shopee Liga 1 2020, Barito Putera untuk kedua kalinya menjadi korban Madura United di laga perdana. Skuat asuhan Rahmad Darmawan itu menang dengan skor mencolok 4-0.

Pada Liga 1 2018, Barito Putera juga dikalahkan Madura United di pekan pertama.

Hasil Madura United di Laga Perdana Kasta Tertinggi Sepak Bola Indonesia

2016 - PS Tira Vs Madura United 1-2

2017 - Madura United Vs Bali United 2-0

2018 - Madura United Vs Barito Putera 3-1

2019 - Persela Vs Madura United 1-5

2020 - Madura United Vs Barito Putera 4-0

3 dari 6 halaman

2. Serba Pertama

Predikat pemain yang membukukan gol pertama di ajang Shopee Liga 1 2020 jadi milik pemain Persik Kediri, Gaspar Vega. Pemain asing ini mencetak gol saat Persik bermain imbang 1-1 kontra Persebaya.

Selain itu, gol Gaspar Vega tersebut juga yang pertama dicetak melaui titik putih alias penalti. Sementara, pemain yang mengantongi kartu kuning pertama ialah bek Barito Putera, O.K John.

Kemudian Muhammad Ridho menjadi kiper pertama yang berhasil mecatatkan clean sheet alias tidak kebobolan. Catatan pertama lainnya, Ryuji Utomo menjadi pemain pertama yang malakukan gol bunuh diri.

Adapun pemain pertama yang mampu mencetak dua gol ialah Alberto Goncalves. Di sisi lain, belum ada pemain yang mendapat kartu merah di Shopee Liga 1 2020.

Gaspar Vega - pencetak gol pertama

Gaspar Vega - gol penalti pertama

Alberto Goncalves - Brace Pertama

O.K John - kartu kuning pertama

Muhammad Ridho - clean sheet pertama

Ryuji Utomo - gol bunuh diri pertama

4 dari 6 halaman

3. PSS Sleman Tanpa Pelatih di Laga Perdana

PSS Sleman belum didampingi sang pelatih, Dejan Antonic, saat menghadapi tuan rumah PSM Makassar di laga perdana Shopee Liga 1 2020.

Dejan sudah ikut menyusul PSS ke Makasar. Tapi, mantan pelatih Madura United tersebut belum memimpin secara langsung di pinggir lapangan karena masih menunggu pengesahan sebagai pelatih PSS.

Hal tersebut yang menjadikan PSS Sleman sebagai satu-satunya klub tanpa pelatih pada laga perdana Shopee Liga 1 2020. Dejan kabarnya akan memimpin sesi latihan PSS, Selasa (3/3/2020).

5 dari 6 halaman

4. Boaz Solossa Raja Gol di Laga Perdana Liga 1

Sejak kasta tertinggi sepak bola Indonesia berganti menjadi Liga 1, Boas Solossa, selalu mencetak gol di laga debut.

Pada ajang Liga 1 2017, Boaz mencatatkan namanya di papan skor saat Persipura bermain imbang kontra Persegres Gresik. Kemudian pada Liga 1 2018, Boaz juga ikut mencetak saat klub berjuluk Mutiara Hitam itu menang atas Persela dengan skor 2-1.

Namun, Boaz harus absen mencetak gol pada ajang Liga 1 2019. Kala itu, Persipura mengawali liga dengan kurang baik karena harus takluk dari Persib Bandung dengan skor 3-0.

Boaz langsung menggebrak pada laga perdana Shopee Liga 1 2020. Pemain yang khas dengan nomor 86 itu mengukir satu gol saat Persipura menang atas PSIS Semarang dengan skor 2-0.

6 dari 6 halaman

5. Penampilan Apik 3 Klub Promosi

Tiga klub debutan di Liga 1, Persiraja, Persik, dan Persita sama-sama terhindar dari kekalahan pada pekan pertama. Ketiga klub tersebut mendapatkan hasil imbang pada laga debutnya di Liga 1.

Persiraja berhasil menahan imbang klub bertabur bintang Bhayangkara dengan skor 0-0. Skor serupa juga didapat Persita saat bersua Bali United.

Sementara, satu klub promosi lainnya, Persik bermain 1-1 kontra Persebaya di Stadion Geloro Bung Tomo.

Video Populer

Foto Populer