3 Bintang dan Pelatih Terbaik Pekan Pertama Shopee Liga 1 2020

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 04 Mar 2020, 08:30 WIB
Diperbarui 04 Mar 2020, 08:30 WIB
3 Pemain Terbaik
Shopee Liga 1 - 3 Pemain Terbaik (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Sembilan pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 telah digelar sejak Sabtu (29/2/2020) hingga Senin (2/3/2020). Para pemain langsung on fire memperlihatkan kemampuan terbaiknya di laga perdana mereka pada musim ini.

Dari 9 pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020, lima tim berstatus tuan rumah berhasil meraih kemenangan. Madura United menang telak 4-0 atas Barito Putera di Pamekasan, sementara Persib Bandung menang telak 3-0 saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat.

Sementara itu, Persija Jakarta menang 3-2 atas Borneo FC di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, PSM Makassar pun menang 2-1 atas PSS Sleman di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar. Sementara Persipura Jayapura menang 2-0 atas PSIS Semarang dalam laga kandang terusir di Stadion Klabat, Manado.

Sementara itu, hanya Arema FC yang menjadi satu-satunya tim tamu yang meraih kemenangan di laga pekan pertama Shopee Liga 1 2020. Arema FC menang 2-0 atas Tira Persikabo dalam lawatan ke Stadion Pakansari, Cibinong.

Sementara itu, tiga pertandingan lainnya berakhir imbang. Persebaya Surabaya bermain 1-1 dengan Persik Kediri di laga pembuka Shopee Liga 1 2020.

Kemudian dua tim promosi juga mendapatkan hasil imbang. Persiraja Banda Aceh bermain imbang tanpa gol dengan Barito Putera di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, kemudian Bali United yang juga bermain tanpa gol dengan Persita Tangerang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Kali ini, Bola.com memilih 3 terbaik di antara begitu banyak pemain yang bermain apik dan cemerlang di pekan pertama Shopee Liga 1 2020.

 

2 dari 5 halaman

Wander Luiz

Penyerang Persib Bandung asal Brasil ini layak disebut sebagai yang terbaik dalam pekan pertama Shopee Liga 1 2020. Dalam kemenangan 3-0 atas Persela Lamongan yang diraih Maung Bandung, bisa dibilang tiga gol tersebut tak lepas dari peran penting Luiz.

Dalam gol pertama Persib yang dicetak oleh Geoffrey Castillion, Wander Luiz memang tidak tercata sebagai pemberi assist. Namun, olah bola yang dilakukannya saat hendak masuk kotak penalti Persela membuat pertahanan Persela harus berjuang menghalau bola yang kemudian justru jatuh ke kaki Castillion yang membuka keunggulan Persib pada menit ke-38.

Setelah itu, tentu saja dua gol Persib diborong oleh Luiz. Pertama, mendapatkan umpan dari Castillion pada menit ke-54, Luiz melakukan pergerakan cepat berbalik badan dan melepaskan tembakan yang menjadi gol kedua Persib.

Kedua, sebuah umpan silang menusuk ke tiang jauh gawang Persela yang dilepaskan oleh Frets Butuan mampu dimaksimalkan menjadi gol oleh Luiz melalui pergerakan diving heading yang luar biasa.

3 dari 5 halaman

Kushedya Hari Yudo

Striker Arema FC, Kushedya Hari Yudo
Striker Arema FC, Kushedya Hari Yudo, melakukan selebrasi seperti Singa usai membobol gawang Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Senin, (2/3/2020). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kushedya Hari Yudo layak disebut sebagai pemain terbaik di pekan pertama Shopee Liga 1 2020. Pemain yang memiliki tampilan ala Neymar itu menjadi pahlawan kemenangan Arema FC di kandang Tira Persikabo.

Memanfaatkan absennya Jonathan Bauman yang cedera dan Elias Alderete yang belum rampung proses ITC dari federasi Argentina, Kushedya Hari Yudo langsung menjadi pahlawan bagi Singo Edan.

Dua gol diborong oleh mantan pemain PSS Sleman itu dalam kemenangan 2-0 atas Tira Persikabo. Pergerakan cepatnya dalam menyambut umpan yang berbuah gol pertama, serta kekuatan tembakan yang keras saat gol kedua, membuat Singo Edan patut berterima kasih kepada pemain kelahiran Malang itu.

4 dari 5 halaman

Ferdinand Sinaga

PSM Makassar vs PSS Sleman
Penyerang PSM, Ferdinand Sinaga, saat menghadapi PSS di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar (1/3/2020). (Bola.com/Abdi Satria)

Aksi Ferdinand Sinaga di laga pertama PSM Makassar di Shopee Liga 1 2020 menjadi bukti dirinya memang layak mendapatkan tempat utama di tim Juku Eja. Kemenangan 2-1 diraih PSM atas PSS Sleman, dan dua gol yang diraih tuan rumah tidak lepas dari kontribusi besar Ferdinand Sinaga.

PSM membuka keunggulan pada menit ke-39. Ferdinand Sinaga menjadi pemain yang mencatatkan namanya di papan skor setelah eksekusi tendangan bebasnya meluncur deras ke sudut kiri atas gawang PSM. Gol ini pun layak menjadi satu di antara beberapa gol terbaik yang tercipta di pekan pertama Shopee Liga 1 2020.

Sementara itu, saat PSM meraih keunggulan 2-0 lewat gol yang dicetak Hussein El Dor. Ferdinand Sinaga kembali berkontribusi karena gol ini tercipta berkat umpan akurat yang lahir dari tendangan bebas mantan pemain Persib Bandung itu.

5 dari 5 halaman

Pelatih Terbaik

Mario Gomez, Arema FC
Pelatih Arema FC, Mario Gomez. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Mario Gomez layak didaulat menjadi pelatih terbaik pada pekan pertama Shopee Liga 1 2020. Pelatih asal Argentina itu membuat Singo Edan menjadi satu-satunya tim tamu yang meraih kemenangan di pekan pertama.

Hanya memiliki Oh In-kyun sebagai satu-satunya pemain asing dalam pertandingan tersebut, mengingat Jonathan Bauman mengalami cedera dan dua asing lainnya tidak bisa dimainkan karena permasalahan administrasi, tidak menjadi penghalang bagi Mario Gomez untuk bisa menurunkan tim terbaik menghadapi Tira Persikabo.

Keputusannya memainkan Kushedya Hari Yudo sebagai penyerang tengah, dibantu M. Rafli dan Dendi Santoso di sisi sayap, tetap membuat Singo Edan menjadi tim dengan serangan luar biasa. Hari Yudo pun mampu mempersembahkan dua gol Sngo Edan di kandang lawan.

Selain itu, kemenangan ini menjadi perpanjangan tren positif Mario Gomez ketika menghadapi Tira Persikabo.

Total dari lima pertemuan, Gomez menang tiga kali dan dua kali imbang. Ini membuktikan Gomez sangat hafal bagaimana cara menghadapi Tira Persikabo.

Kebetulan, musim ini memang tidak terlalu banyak perubahan pemain yang dilakukan tim lawannya itu. Ketika masih menangani Persib Bandung dan Borneo FC, Gomez juga memperlihatkan permainan agresif dan disiplin untuk menaklukkan Tira Persikabo.

Ini jadi karakter yang selalu ditanamkan pelatih Argentina ini. Dia menginginkan pemainnya tetap bermain sanhat agresif, baik saat di kandang maupun tandang.

Lanjutkan Membaca ↓