Kans 2 Stadion di Bekasi Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021 Mengecil

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 03 Mar 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 03 Mar 2020, 22:00 WIB
Stadion Wibawa Mukti
Suasana dari Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Jawa Barat, Senin (10/9/2018). Stadion dengan kapasitas 28.778 ini mulai digunakan sejak tahun 2014 lalu. (Bola.com/Vitalis Trisna)

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, melanjutkan inspeksi ke Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kab. Bekasi dan Stadion Patriot, Kota Bekasi, yang menjadi kandidat venue Piala Dunia U-20 2021, Selasa (3/3/2020) sore.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyoroti lapangan latihan yang tak terdapat disekitar dua stadion tersebut. Peluang kedua stadion tersebut untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2021 mengecil karena tidak tersedianya lapangan latihan.

FIFA memberikan instruksi ketat yakni mewajibkan adanya empat lapangan untuk latihan di sekitar stadion. Tempat latihan tersebut pun tidak boleh jauh dari hotel dan stadion dengan batas maksimal 30 menit perjalanan.

"Saya sudah melihat dan sudah beberapa kali sebenarnya. Akan tetapi, secara formal saya hari ini melakukan peninjauan untuk melihat secara langsung, secara konkret di lapangan. Secara garis besar lapangan cukup bagus dan lapangan ini sering dipakai," kata Iwan Bule kepada wartawan di Cikarang.

"Single seat juga mumpuni dan tinggal diperbaiki. Kemudian ruang ganti sudah lengkap. Hanya memang permasalahan di Kabupaten Bekasi ini kurang lapangan latihannya," ujar Iwan Bule.

Hal senada juga diungkapkan Iwan Bule ketika giliran menyambangi Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Selain tak tersedianya lapangan latihan, pria berpangkat Komjen Pol. itu juga menyoroti tak adanya Jacuzzi di ruang ganti pemain.

"Tentu pasti Yakuzzi yang seharusnya ada, tetapi tidak ada. Terus beberapa loker yang harus diperbaiki dan rumput tentunya harus ada perawatan agar sesuai harapan FIFA. Bicara stadion latihan, tidak ada pihak Pemerintah Kota yang akan menyiapkan. Kami akan melihat nanti perkembangnya," ungkap Iwan Bule.

FIFA rencananya sudah tiba di Indonesia pada 10 Maret 2020. Mereka akan menggelar rapat dan kunjungan bersama PSSI ke calon venue-venue yang didaftarkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

 

2 dari 3 halaman

Stadion Pakansari Terdepan

PSSI Sidak Stadion Pakansari
Suasana Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (3/3/2020). Stadion tersebut merupakan salah satu kandidat veneu untuk piala dunia U-20 pada 2021. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dengan demikian, Stadion Pakansari yang lebih memiliki peluang menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Stadion yang terletak di Cibinong Kabupaten Bogor itu memiliki empat lapangan latihan yakni 2 berada di area stadion, di Stadion mini Cibinong, dan Stadion Padjadjaran.

Catatan-catatan tersebut juga didukung akses ke stadion yang tak jauh dari jalan tol. Serta akses dari hotel tempat menginap ke venue yak tak lebih dari 10 menit perjalanan.

Besar kemungkinan FIFA bakal memilih Stadion Pakansari karena juga tak jauh dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Artinya letak kedua stadion yang berdekatan membuat tim tidak terlalu kelelahan jika berpindah venue.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓