Antisipasi Penyebaran Virus Corona, PT LIB Sarankan Klub Sediakan Thermal Scanner di Stadion

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 04 Mar 2020, 21:45 WIB
Diperbarui 04 Mar 2020, 21:45 WIB
Malaysia Gunakan Pemindai Suhu di Bandara Antisipasi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Operator Liga 1,  PT Liga Indonesia Baru (LIB), mengeluarkan surat edaran ke klub peserta Shopee Liga 1 2020 untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona di dalam stadion.

Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, menyebut cara tersebut dilakukan dengan menyediakan alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner).

Alat tersebut digunakan untuk memantau suhu tubuh manusia. Cara kerja thermal scanner dengan merekam suhu tubuh manusia melalui cahaya infra merah yang dihubungkan ke layar.

Seseorang yang memiliki suhu tubuh tinggi bakal mengeluarkan warna merah, oranye, atau kuning. Adapun manusia dengan suhu tubuh normal bakal menunjukkan warna biru, ungu, atau hijau.

Alat ini disarankan untuk diletakkan di pintu-pintu masuk stadion. PT LIB mengeluarkan saran tersebut agar bisa seluruh penonton yang memasuki stadion bisa dipantau, untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona.

"Kami sudah menerbitkan surat untuk klub agar melakukan pengecekan kesehatan pemain. Selain itu, kami juga menyarankan pada saat pertandingan dilakukan penebalan pemeriksaan kesehatan melalui gate-gate alat pendeteksi," kata Cucu Somantri di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

"Alat itu biasa yang digunakan seperti di bandara, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Langkah ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi, mendeteksi, dan juga menambah keyakinan masyarakat penyebaran virus Corona tidak seluas yang ditakutkan," tegas Cucu Somanti.

PT LIB sejauh ini tidak berencana untuk menghentikan Shopee Liga 1 2020 yang dihantui kekhawatiran penyebaran virus Corona. Mereka juga belum memiliki rencana untuk menggelar laga tanpa penonton.

2 dari 3 halaman

Menghormati Anjuran

Bek Persija Jakarta, Marco Motta
Sepanjang pertandingan, bek kanan ini tampil tenang dan disiplin dalam mengawal lini pertahanan skuat Macan Kemayoran. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sejauh ini baru pertandingan pekan kedua Shopee Liga 1 2020 antara Persija Jakarta versus Persebaya Surabaya yang resmi ditunda. Langkah itu diambil demi menghormati keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang melarang adanya event pengumpulan massa secara besar.

Adapun untuk pertandingan lainnya tetap akan bergulir seperti biasanya. Hal ini berarti, masyarakat masih bisa datang ke stadion untuk menonton pertandingan secara langsung.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓