Alasan PT LIB Tetap Menggelar 8 Pertandingan di Tengah Kewaspadaan terhadap Virus Corona

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 05 Mar 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 05 Mar 2020, 07:15 WIB
Shopee Liga 1 : Tira Persikabo Vs Arema FC

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengambil sikap tetap menggelar delapan pertandingan pekan kedua Shopee Liga 1 2020 yang bergulir pada 6-9 Maret 2020. Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, menyebut hal itu dilakukan karena belum ada larangan dari pemerintah.

PT LIB hanya menunda laga Shopee Liga 1 2020 antara Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya, yang sejatinya digelar pada Sabtu (7/3/2020).

Langkah itu dilakukan untuk menghormati imbauan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang melarang adanya event pengumpulan massa dalam jumlah besar.

Adapun untuk pertandingan lainnya di luar Jakarta, PT LIB memastikan tetap digelar. Contohnya laga Persita Tangerang melawan PSM Makassar, yang bakal berlangsung di Stadion Benteng Taruna, Jumat (6/3/2020).

Cucu Somantri menyebut, tidak ada larangan dari pemerintah daerah setempat seperti yang dilakukan DKI Jakarta. Begitu juga dengan daerah-daerah lainnya, yang masih memperbolehkan adanya event olahraga.

"Laga kandang Persita tidak ditunda. Penundaan laga Persija melawan Persebaya dilakukan karena ada surat dari Gubernur DKI yang tidak menerbitkan izin keramaian di wilayahnya," kata Cucu Somantri di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

"Di tempat lain, kepala daerah masing-masing saya kira sudah mengantisipasi tentang itu dan tetap sejalan dengan pemerintah pusat. Ini jangan dijadikan momok, tapi antisipasi tetap kami lakukan dengan langkah-langkah pencegahan," imbuh Cucu Somantri.

Langkah yang dilakukan PT LIB dengan tetap menggelar pertandingan Shopee Liga 1 2020 berbeda otoritas di Thailand. Mereka resmi menghentikan sementara seluruh pertandingan liga sepak bola di Negeri Gajah Putih itu hingga pertengahan bulan depan.

2 dari 3 halaman

Tak Akan Mengganggu Jadwal

Launching Liga 1 2020
Dirut PT LIB, Cucu Somantri, saat launching Kompetisi Shopee Liga 1 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin, (24/2/2020). Sebanyak 18 klub akan memeriahkan Liga 1 yang akan berlangsung pada 29 Februari hingga 1 November 2020. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Cucu Somantri juga menjamin penundaan laga Persija melawan Persebaya tidak akan mengganggu jadwal pertadingan Shopee Liga 1 2020. Rencananya, laga tunda tersebut akan digelar di sela-sela jadwal FIFA Matchday, yang juga mengalami penundaan.

"Kami diuntungkan karena pertandingan di FIFA Matchday mengalami penguduran. Jadi, ada waktu kosong sehingga tidak mengganggu jadwal liga," kata Cucu Somantri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓