Penyebab PT LIB Memisahkan PSIM dan Persis pada Pembagian Grup Liga 2 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 05 Mar 2020, 06:30 WIB
Diperbarui 05 Mar 2020, 06:30 WIB
Liga 2

Bola.com, Jakarta - Operator Liga 1 dan Liga 2, PT Liga Indonesia Baru (LIB), punya alasan khusus memisahkan PSIM Yogyakarta dan Persis Solo pada pembagian wilayah grup Liga 2 2020. Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, menyebut hal itu demi keseimbangan kompetisi.

PT LIB membuat kejutan dalam pembagian wilayah grup Liga 2 2020. Persis Solo, yang biasanya masuk Grup Barat, kini dipindah ke Grup Timur.

Pemisahan ini membuat tak adanya laga Derbi Mataram, mempertemukan Persis melawan PSIM dalam pertandingan fase grup Liga 2 2020.

Laga antartim bertetangga itu selalu berlangsung panas. Namun, Cucu Somantri membantah adanya pemisahan kedua tim tersebut demi menghindari Derbi Mataram.

"Ya tidaklah. Kita jangan membanding-bandingkannya begitu. Pemisahan ini dilakukan dengan berdasarkan pertimbangan geografis dan keseimbangan," kata Cucu Somantri, Rabu (4/3/2020).

"Jangan sampai nanti yang promosi hanya tim dari Barat atau dari Timur saja. Ini dilakukan dalam rangka, ketika pada gilirannya promosi ke Liga 1 merata secara distribusi. Kami mengharapkan setiap provinsi ada wakilnya," ujar Cucu Somantri.

Selain pemisahan kedua klub di atas, PT LIB juga membuat gebrakan untuk Liga 2 2020. PT LIB menghapus babak delapan besar sehingga nanti kedua juara dari masing-masing wilayah langsung dipertemukan di final, sedangkan masing-masing peringkat kedua akan berebut satu tiket promosi yang tersisa.

2 dari 3 halaman

Daftar Peserta Liga 2 2020

Liga 2
Liga 2. (Liga Indonesia)

Grup Barat

PSMS Medan

Tiga Naga

Semen Padang

PSPS Riau

Babel United

Sriwijaya FC

Badak Lampung FC

Cilegon United

Perserang Serang

PSKC Cimahi

Persekat Kabupaten Tegal

PSIM Yogyakarta

 

Grup Timur

PSCS Cilacap

Persijap Jepara

Persis Solo

PS Hizbul Wathan

Putra Sinar Giri FC

Martapura FC

Mitra Kukar

Persiba Balikpapan

Kalteng Putra

Sulut United

PSBS Biak

Persepar Waropen

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓