Sukses


AFC Belum Tentukan Status Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, PSSI Justru Sudah Umumkan Jadwal Baru

Bola.com, Jakarta - Hingga Kamis malam (5/3/2020), Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) belum merilis keputusan terkait status pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia menyusul merebaknya virus Corona.

Dalam lama resmi, AFC baru menyebut kesehatan semua elemen dalam pertandingan menjadi prioritas utama.

AFC akan lebih dulu berkonsultasi dengan para anggotanya dan berjanji bakal membarui informasi tentang status Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dalam beberapa hari mendatang.

"Untuk FIFA dan AFC, kesejahteraan dan kesehatan semua individu yang terlibat dalam satu pertandingan tetap menjadi prioritas utama. FIFA dan AFC akan memberikan perkembangan tentang jadwal ini dalam beberapa hari ke depan setelah berkoordinasi dengan para anggota," tulis AFC pada artikel yang berjudul pernyataan tentang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang tayang di situs AFC pada Kamis (5/3/2020).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) AFC, Datuk Windsor Paul John, yang berbicara di media Malaysia, Berita Harian, menegaskan pihaknya belum memastikan penundaan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang ramai diberitakan oleh media massa Indonesia.

Bahkan, Cucu Somantri selaku Wakil Ketua PSSI mengabarkan bahwa FIFA telah mengundurkan jadwal pertandingan hingga Oktober 2020.

"Kami belum memutuskan apa-apa mengenai penundaan pertandingan karena AFC perlu menunggu keputusan FIFA lebih dulu," ujar Datuk Windsor, dilansir dari Berita Harian, Kamis (5/3/2020).

"Besar kemungkinan memang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia akan ditunda, tetapi kami akan mencoba mengumumkannya secara resmi mengenai masalah ini. Mungkin besok," lanjut Datuk Windsor.

Video

2 dari 2 halaman

PSSI Sudah Umumkan Jadwal Baru

Ketika AFC bahkan belum menentukan status Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, PSSI justru telah mengumumkan jadwal baru untuk Timnas Indonesia.

Dinukil dari laman PSSI, Kamis (5/3/2020), Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan telah menerima jadwal baru dari AFC untuk sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Tiga partai untuk Timnas Indonesia diatur ulang pada Oktober-November 2020.

Iriawan mengatakan, AFC mengirimkan surat ke PSSI pada Senin (2/3/2020), yang berisikan beberapa keputusan emergency meeting AFC. Rapat darurat yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, itu untuk menyikapi merebaknya virus corona.

Timnas Indonesia seharusnya menantang Thailand pada 26 Maret, menjamu Uni Emirat Arab (UEA) pada 31 Maret, dan menyambangi markas Vietnam pada 4 Juni 2020. Namun, akibat penyebaran virus Corona, tiga pertandingan sisa Grup G putaran kedua tersebut terpaksa ditunda.

AFC, disadur dari laman PSSI, menjadwalkan ulang pertandingan Thailand kontra Timnas Indonesia menjadi 8 Oktober 2020. Lima hari berselang, pasukan Shin Tae-yong bakal meladeni perlawanan UEA.

Terakhir, sekaligus partai pamungkas Grup G, Timnas Indonesia bakal melawan Vietnam pada 12 November 2020.

Sejauh ini, Skuat Garuda masih terpuruk di dasar klasemen setelah nihil poin dari lima pertandingan.

Sumber: AFC, Berita Harian

Video Populer

Foto Populer