Sukses


Panpel Arema Siapkan 2 Tribune jika Fans Persib Datang ke Stadion Kanjuruhan

Bola.com, Malang - Pertemuan Arema FC kontra Persib Bandung pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (8/3/2020), bakal jadi babak baru untuk suporter kedua tim.

Pasalnya, panpel dan kepolisian setempat sudah memberikan lampu hijau kepada fans Persib, Bobotoh dan Viking, untuk hadir langsung ke stadion. Padahal sebelumnya, pendukung Persib selalu dihimbau untuk tidak datang karena berisiko bentrok dengan Aremania.

Seperti diketahui, Aremania dan Bobotoh maupun Viking memiliki hubungan yang kurang harmonis. Ketua panpel Arema, Abdul Haris mengakui pemberian kuota kepada pendukung tim tamu sudah tercantum dalam regulasi.

“Regulasinya 5 persen kuota tiket untuk tim tamu. Sekarang masih dikomunikasikan. Kalau mereka datang, kami siapkan tribunenya. Jika yang datang berkisar 50 orang akan ditempatkan di VIP. Jika 500 orang ke atas di gate 1 (tribune ekonomi),” jelas Abdul Haris.

Tentunya panpel Arema sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Panpel tidak akan berani memberikan kuota tanpa pengamanan ketat.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, sudah berkomunikasi dengan panpel Arema. “Keputusan hadir atau tidak di tangan mereka (fans Persib). Yang jelas kami mempersiapkan diri untuk pengamanan dan akan ditempatkan di tribune khusus,” jelasnya.

 

Video

2 dari 3 halaman

Respons Positif Aremania

Di media sosial, Aremania sudah memberikan respons positif. Banyak yang setuju dengan upaya perdamaian Aremania dengan Bobotoh maupun Viking.

Namun, sebelum pendukung Persib berangkat ke Malang, pentolan kedua suporter ingin lebih dulu bertemu. Pentolan Viking, Heru Joko sudah berada di Malang sejak Jumat (6/3/2020). Dia ingin berkomunikasi secara langsung dengan panpel, kepolisian, dan Aremania.

“Kami tidak ada masalah untuk bersilaturahmi. Akan kami bicarakan dulu. Karena persoalan suporter ini kan ada di akar rumputnya. Jadi harus dibicarakan untuk mengantisipasi risiko-risiko apa yang bisa terjadi, dan disiapkan antisipasinya,” jelas Achmad Ghozali, Aremania Korwil Klayatan.

Artinya, jadi atau tidaknya fans Persib datang ke Malang tergantung dari hasil pertemuan tersebut. Aremania harus berusaha jadi tuan rumah yang baik, sehingga hubungan kedua kelompok suporter besar di Indonesia ini bisa membaik.

3 dari 3 halaman

Tak Memiliki Sejarah Permusuhan

Sebenarnya, Aremania dengan Bobotoh maupun Viking tidak memiliki sejarah permusuhan langsung. Kedua kelompok suporter besar ini tidak harmonis karena masalah solidaritas dengan suporter lainnya.

Seperti Aremania yang berhubungan baik dengan Jakmania suporter Persija Jakarta. Adapun fans Persib memiliki keakraban dengan Bonekmania suporter Persebaya.

Arema punya historis jelek dengan Bonekmania, sedangkan Bobotoh dan Viking bermusuhan dengan Jakmania.

Video Populer

Foto Populer