Duel Pelatih Borneo FC Vs Persipura: Adu Taktik 2 Sutradara dari Negeri Samba

Oleh Gatot Susetyo pada 07 Mar 2020, 08:45 WIB
Diperbarui 07 Mar 2020, 08:45 WIB
Pusamania Borneo FC vs Persipura Jayapura
Shopee Liga 1 2020: Pusamania Borneo FC vs Persipura Jayapura. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Samarinda - Menarik untuk mengamati seperti apa taktik yang bakal diterapkan Edson Tavares dan Jacksen Tiago dalam duel pekan kedua Shopee Liga 1 2020 antara Borneo FC kontra Persipura Jayapura di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (7/3/2020) nanti.

Tak pelak lagi, laga ini bakal jadi panggung dua sutradara asal Negeri Samba. Maklum, kompatriot ini sama-sama berasal dari Brasil.

Dari sisi pengalaman, jelas Jacksen Tiago jauh di atas Tavares. Jacksen telah 25 tahun mengembara di Indonesia mulai menjadi pemain hingga sekarang pelatih.

"Soal atmosfer dan pengalaman di Indonesia, saya memang lebih banyak. Tapi sepak bola tak hanya butuh itu. Apa yang ada di dalam kepala ini sangat penting untuk menyusun strategi," kata Jacksen Tiago.

Di mata Jacksen Tiago, sosok Edson Tavares pelatih mumpuni. Keberhasilannya mengentaskan Persija dari jurang degradasi musim lalu jadi bukti sahih.

"Saya respek kepada semua pelatih, termasuk Tavares. Pelatih bagus bisa dinilai dari berbagai aspek. Jika tolok ukur sukses dia di Persija lalu, itu bisa dinilai bagus. Makanya, saya tetap harus hati-hati dan jeli mengantisipasi strategi Borneo FC," katanya.

Jika menyoal pengentasan dari neraka degradasi, musim lalu Jacksen Tiago juga masuk ke Persipura saat Boaz Solossa dkk. tertatih-tatih di kompetisi.

Hebatnya lagi, Jacksen tak hanya mengentaskan, tapi juga membawa Mutiara Hitam bertengger di peringkat ketiga klasemen akhir. Artinya, secara tersirat Jacksen ingin menasbihkan bahwa dirinya juga pelatih hebat jika dibanding kompatriotnya yang kini menangani Borneo FC itu.

2 dari 2 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓