Duel Bintang Hari Yudo Vs Wander Luiz: Ngeyel Beradu Gaya Simpel

Oleh Iwan Setiawan pada 08 Mar 2020, 07:45 WIB
Diperbarui 08 Mar 2020, 07:45 WIB
Arema FC vs Persib Bandung
Shopee Liga 1 2020: Arema FC vs Persib Bandung. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Malang - Pertemuan Arema dengan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (8/3/2020), merupakan big match di pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Jadi, kurang lengkap jika tidak mengulas pemain bintang dari kedua tim yang sedang moncer.

Jika melihat dari pertandingan pertama, sebenarnya banyak pemain yang mencuat dan berkontribusi besar untuk kemenangan tim. Arema menang 2-0 di kandang Tira Persikabo (2/3/2020). Sedangkan Persib menekuk tamunya, Persela Lamongan 3-0 (1/3/2020).

Tetapi untuk urusan mencetak gol, Kushedya Hari Yudo di Arema dan Wander Luiz di Persib pantas dikedepankan. Keduanya sama-sama mencetak dua gol di pertandingan pertama.

Yudo jadi satu-satunya pemain lokal yang langsung mencetak brace di laga pertama. Aura kebintangannya pun muncul. Yang menonjol dari permainannya adalah semangat juang tinggi dan ngeyel, baik saat menguasai maupun memburu bola. Itu cerminan karakter khas pemain Malang.

"Itu sudah jadi karakter saya sejak kecil. Gaya bermain yang dibilang 'Malangan'. Di manapun saya bermain, ya seperti itu di lapangan," jelas pemain berusia 26 tahun itu.

Sebenarnya, Yudo lebih nyaman bermain sebagai sayap. Namun, di laga pertama Arema dia turun sebagai striker menggantikan Elias Alderete, yang belum bisa turun lantaran terkendala International Transfer Certivicate (ITC). 

2 dari 3 halaman

Menjaga Kondisi

Yudo bisa menjawabnya dengan tampil memuaskan. Padahal, sebelum gabung Arema, dia lebih banyak jadi pemain pengganti di PSS Sleman. Untuk laga pekan kedua Liga 1 ini, Yudo besar kemungkinan tetap jadi andalan Singo Edan.

Pelatih Arema, Mario Gomez, tinggal memilih akan menurunkannya sejak menit awal atau pengganti, karena di laga ini, dua pemain asing lini depan, Jonathan Bauman dan Elias Alderete, sudah bisa turun.

Bauman pulih dari cedera hamstring dan Alderete sudah mendapat pengesahan dari operator kompetisi, Liga Indonesia Baru (LIB).

Yang jadi catatan, bisakan nanti Yudo konsisten untuk urusan menjebol gawang lawan?

Selain itu, dia harus pandai menjaga kondisi karena karakter bermainnya memancing pemain belakang lawan untuk menghentikannya dengan pelanggaran keras.

 

Striker Arema FC, Kushedya Hari Yudo, melakukan selebrasi seperti Singa usai membobol gawang Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Senin, (2/3/2020). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

3 dari 3 halaman

Karakter Bermain Simpel

Persib Bandung
Persib segera mengontrak Wander Luiz. (Bola.com/Erwin Snaz)

Sementara kubu Persib, karakter bermain Wander Luiz lebih simpel. Bisa dibilang dia striker murni yang pandai memanfaatkan peluang di depan gawang. Teknik mengolah bolanya juga tinggi, khas pemain Brasil.

Kelebihan lainnya, dia mendapat dukungan dari sederet pemain berkualitas, seperti Esteban Vizcarra, Geoffrey Castillion, Omid Nazari, dan yang lainnya.

Meski baru tahun ini berkiprah di Indonesia bersama Persib, dia sudah punya modal menghadapi beberapa klub besar Indonesia di ajang Piala AFC musim lalu bersama bersama klub Vietnam, Becamex Binh Duong, yakni saat jumpa Persija Jakarta dan PSM Makassar.

Ia sudah pernah menjebol gawang dua klub besar Indonesia itu.

Kini gawang Arema yang menjadi bidikannya. Tidak dimungkiri, setelah mencetak dua gol ke gawang Persela, tentu pemain berusia 28 tahun ini ingin meneruskan produktivitasnya di laga kedua sehingga dia makin memikat hati fans Persib. 

Lanjutkan Membaca ↓