Duel Pelatih Madura United Vs Persiraja: Nama Besar RD Vs Pendatang Baru

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 09 Mar 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 09 Mar 2020, 09:30 WIB
Madura United vs Persiraja Banda Aceh

Bola.com, Jakarta - Rahmad Darmawan dan Hendri Susilo bakal adu taktik ketika Madura United menjamu Persiraja Banda Aceh pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Senin (9/3/2020).

Usia kedua pelatih tak berbeda jauh. Yang satu berumur 53 tahun, satunya lagi berusia 54 tahun. Racikan strategi dua pelatih seangkatan ini akan tersaji 

Secara prestasi, Rahmad jauh menungguli Hendri. Pelatih yang baru menangani Madura United pada musim ini telah mengoleksi dua trofi Liga Indonesia.

Pertama ketika melatih Persipura Jayapura pada 2005. Kedua, pelatih asal Metro, Lampung ini membawa Sriwijaya FC menjadi juara pada 2007-08.

Belakangan, tangan dingin RD, panggilan Rahmad, sebagai pelatih, mulai pudar. Ia gagal menyelamatkan Mitra Kukar dari jeratan degradasi pada Liga 1 2018.

Mantan pelatih Persikota Tangerang ini juga dipecat dari Tira Persikabo pada musim lalu lantaran gagal menang dalam beberapa pertandingan yang mengantar tim terpuruk di papan bawah.

Bersama Madura United, RD mencoba untuk kembali mengharumkan namanya sebagai pelatih berkualitas di kancah sepak bola nasional. Kesan pertamanya berakhir mulus saat ia membawa Bruno Matos dan kawan-kawan menghajar Barito Putera 4-0 pada pekan pertama Shopee Liga 1.

2 dari 3 halaman

Hendri Susilo Menata Ulang Eksistensi

Madura United vs Persiraja Banda Aceh
Shopee Liga 1 2020: Madura United vs Persiraja Banda Aceh. (Bola.com/Dody Iryawan)

Figur Hendri lebih banyak melanglang buana di kasta kedua sepak bola Indonesia. Namanya kembali mencuat setelah mampu membawa Persiraja menduduki peringkat ketiga Liga 2 musim lalu dan promosi ke Shopee Liga 1 musim ini.

Hendri sesekali pernah beredar di kasta teratas Liga Indonesia. Misalnya, ketika ia menangani Persisam Samarinda, yang kini berubah menjadi Bali United, pada Liga Indonesia 2010-11. Hendri mampu membawa mantan timnya itu mengakhiri musim di peringkat keenam.

Apa daya, setelah itu, Persisam lebih memilih pria Serbia, Misha Radovic sebagai pelatih pada musim berikutnya. Eksistensi Hendri pun seakan tenggelam sebelum bak lahir kembali di musim ini.

Debut Hendri di Shopee Liga 1 tidak buruk. Ia mampu membawa Persiraja menahan 0-0 tim favorit juara, Bhayangkara FC.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓