Sukses


Sukses Jalani Operasi, Bagus Kahfi Mungkin Diprediksi Pulih 100 Persen Delapan Bulan ke Depan

Bola.com, Jakarta - Penyerang Garuda Select, Amiruddin Bagus Kahfi telah menjalani operasi di Inggris, Kamis (5/3/2020) lalu. Operasi tersebut harus dijalaninya setelah mengalami cedera di bagian pergelangan kaki, ligamen, dan fibula.

Cedera tersebut menimpa Bagus saat memperkuat Garuda Select pada laga uji coba melawan Reading U-18, Selasa (3/3/2020). Kala itu, ia bertabrakan dengan salah satu pemain lawan, Michael Stickland.

Operasi Bagus pun berjalan lancar. Sayangnya, pemain berambut kribo itu harus menepi dari lapangan hijau paling tidak selama delapan bulan lamanya.

Meski begitu, tim dokter optimistis dengan kondisi Bagus pasca operasi lantaran sebelumnya mereka pernah menangani cedera yang lebih parah.

Salah satu pasien mereka ialah bintang asal Belanda, Virgil van Dijk yang saat itu masih berseragam Southampton.

Menurut Sport Physiotherapist Timnas Indonesia, Asep Azis, kemungkinan Bagus Kahfi bisa sembuh lebih cepat karena usianya masih muda. Dia juga menyarankan sang pemain mendapat asupan yang dibutuhkan selama pemulihan.

"Biasanya operasi dulu setelah cedera patah pergelangan kaki. Setelah itu, baru menjalani proses pemulihan dengan fisioterapi. Pemulihan pada enam minggu pertama sangat penting," jelas Asep Azis.

"Prediksi pulih cedera engkel mungkin tiga sampai empat bulan. Biasanya kalau sudah pulih, pemain tidak langsung bermain, dia latihan terpisah dulu, lalu latihan bersama tim tanpa body contact. Baru setelah dianggap siap, dia bisa bermain lagi," paparnya.

Bagus Kahfi juga diproyeksi untuk bisa bermain bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 2020, yang akan digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Tenaga pemain berusia 18 tahun ini amat dibutuhkan Timnas dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia menjadi tuan rumah. 

Video

2 dari 2 halaman

Biaya Penyembuhan Ditanggung

Sementara itu sama seperti Andre Oktaviansyah yang baru sembuh dari cedera panjang, biaya perawatan dan rehabilitasi Bagus juga ditanggung Garuda Select. Sebab, Bagus merupakan aset Indonesia yang harus dijaga.

Adapun, program Garuda Select merupakan hasil kerja sama jangka panjang antara PSSI dengan Mola TV. Program tersebut diharapkan mampu menelurkan bakat-bakat muda terbaik yang akan menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di masa mendatang.

Penampilan Garuda Select di setiap pertandingan dapat disaksikan melalui Live Match secara gratis di Mola TV. Selain itu, Mola TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select.

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani, Published 9/3/2020)

Video Populer

Foto Populer