3 Bintang dan Pelatih Terbaik Pekan Kedua Shopee Liga 1 2020

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 10 Mar 2020, 08:45 WIB
Diperbarui 10 Mar 2020, 08:45 WIB
3 Pemain Terbaik

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2020 pekan kedua rampung digelar dan ditutup dengan hasil imbang tanpa gol antara Madura United dan Persiraja Banda Aceh pada Senin (9/3/2020) malam WIB. Delapan pertandingan digelar, di mana satu laga ditunda, yaitu antara Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya, menyusul himbauan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tidak memberi izin keramaian saat merebak virus Corona.

Dari delapan pertandingan pekan kedua Shopee Liga 1 2020 yang dihelat, empat laga berakhir dengan berbagi poin. Persita Tangerang kontra PSM Makassar dan Persik Kediri kontra Bhayangkara FC bermain imbang 1-1. Sementara itu, PSS Sleman bermain imbang tanpa gol dengan Tira Persikabo, persis seperti Madura United yang menjamu Persiraja Banda Aceh.

Tiga tim tamu berhasil mencuri poin maksimal dari kandang lawan. Ketiganya adalah Bali United yang menang 2-1 di kandang Barito Putera, PSIS Semarang yang menang 3-2 di markas Persela Lamongan, serta Persib Bandung yang mencuri poin maksimal setelah menang 2-1 di markas Arema FC.

Borneo FC menjadi satu-satunya tim tuan rumah yang mampu memastikan kemenangan di depan para pendukungnya. Tim Pesut Etam menang 2-0 saat menjamu Persipura Jayapura dalam laga yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda.

Tidak banyak gol yang tercipta di pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Tercatat hanya 17 gol yang tercipta dalam delapan pertandingan yang digelar. Lini pertahanan setiap tim tampaknya begitu solid pada pekan ini, atau mungkin saja lini depannya yang gagal memaksimalkan peluang.

Meski minim gol, tapi kejutan tiga tim tamu berhasil meraih kemenangan tentu menarik. Dari delapan pertandingan tersebut, Bola.com kembali memilih tiga pemain dan seorang pelatih yang layak disebut terbaik dalam pekan kedua Shopee Liga 1 2020.

2 dari 5 halaman

Fadil Sausu

Fadil Sausu
Fadil Sausu saat laga Persebaya Surabaya versus Bali United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (24/9/2019) malam. (Bola.com/Aditya Wany)

Bali United berhasil mencuri tiga poin di markas Barito Putera berkat kemenangan 2-1. Stefano Lilipaly dan Lerby Eliandry menjadi pencetak gol dalam pertandingan tersebut.

Namun, jangan lupakan sosok Fadil Sausu yang berperan penting dalam pertandingan tersebut. Gelandang yang mengatur penyerangan Serdadu Tridatu itu punya kontribusi yang tidak kalah ketimbang dua rekan setimnya.

Alasannya, dua gol yang dicetak Stefano Lilipaly dan Lerby Eliandry berawal dari umpannya yang memanjakan. Umpan terukur Fadil dari sisi kiri tinggal diteruskan dengan sontekan oleh Stefano Lilipaly.

Begitupun ketika Fadil menerima umpan dari Fahmi Al Ayyubi di depan gawang Barito Putera. Kapten Bali United ini memilih untuk langsung meneruskan bola kepada Lerby Eliandry yang tidak jauh dari posisinya dan sukses mencetak gol kedua.

3 dari 5 halaman

Francisco Torres

Francisco Torres, Shopee Liga 1 2020, Borneo FC
Striker Borneo FC, Francisco Torres. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Francisco Torres merupakan pemain yang layak menjadi pemain terbaik di laga antara Borneo FC kontra Persipura Jayapura. Striker asal Brasil ini begitu bekerja keras dalam 90 menit pertandingan.

Dua gol Borneo FC jelas tidak lepas dari kontribusi besarnya, meski di laga ini Torres mencetak satu gol dan hanya dari titik putih. Namun, jika ditelaah setiap gol, peran Torres begitu besar.

Dalam gol pertama Borneo FC yang dicetak oleh Javlon Guseynov, proses terjadinya gol dimulai dari umpan sepak pojok Diogo Campos. Bola yang dilepaskan Diogo jatuh di kepala Torres yang langsung menanduk bola ke belakang dan disambar oleh Guseynov menjadi gol pembuka kemenangan Borneo FC.

Sementara gol kedua terjadi setelah Torres melakukan penetrasi dari sisi kiri hingga memasuki kotak penalti Persipura. Striker asing Borneo FC itu kemudian dijatuhkan oleh bek Persipura, Israel Wamiau. Torres sendiri yang maju sebagai eksekutor dan membawa Borneo FC unggul 2-0 yang bertahan hingga akhir laga.

4 dari 5 halaman

Teja Paku Alam

Striker Arema FC, Elias Alderete
Elias Alderete, striker Arema dihadang bek Persib Victor Igbonefo dan kiper Teja Paku Alam. (Iwan Setiawan/Bola.com)

Untuk yang terakhir, Teja Paku Alam juga layak untuk disebut bintang pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Permainan cemerlang yang diperlihatkannya di bawah mistar gawang Persib Bandung membuat Maung Bandung berhasil pulang dengan membawa tiga poin penuh dari markas Arema FC.

Teja Paku Alam beberapa kali melakukan penyelamatan yang sangat baik saat menghalau tekanan yang diberikan Aremania yang tampil agresif di depan puluhan ribu Aremania. Namun, mantan kiper Semen Padang itu tetap mampu memperlihatkan performa yang apik di bawah mistar gawang.

Satu gol Arema FC yang masuk ke dalam gawangnya dalam pertandingan tersebut tercipta karena penalti yang dilakukan oleh striker asing Arema FC, Elias Alderete.

5 dari 5 halaman

Pelatih Terbaik: Robert Alberts

Persib Bandung, Arema FC, Shopee Liga 1 2020, Robert Alberts
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Robert Alberts layak disebut pelatih terbaik pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 karena mampu mengantar timnya meraih kemenangan di markas rivalnya, Arema FC. Bermain di bawah tekanan Aremania, Persib Bandung asuhan Robert Alberts mampu mengeluarkan permainan yang apik.

Bahkan, menurut pengakuan sang pelatih, pertandingan yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan timnya itu didapatkan karena Persib mampu bermain dengan gaya yang sesuai harapan.

Lanjutkan Membaca ↓
Cara Latihan Refleks Kiper Muda Arema FC, Andriyas Francisco di Dalam Rumah