PT LIB Perbolehkan Penonton Hadiri Laga Bhayangkara FC Vs Persija

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 10 Mar 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 10 Mar 2020, 17:30 WIB
Cucu Somantri

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Shopee Liga 1 2020 membantah pertandingan Bhayangkara FC kontra Persija Jakarta berlangsung tanpa penonton.

Hal ini berarti partai pekan ketiga yang rencananya berlangsung pada Sabtu (14/3/2020) di Stadion PTIK, Jakarta, boleh dihadiri pendukung kedua kesebelasan.

"Laga Bhayangkara FC menghadapi Persija Jakarta tetap bermain di Stadion PTIK dengan penonton," ujar Cucu Somantri, Direktur Utama PT LIB, dinukil dari Antara.

"Sebab, ada pengarahan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sudah jelas daerah mana yang terdampak virus Corona," kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PSSI tersebut.

Senada dengan Cucu, Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, mengatakan pertandingan Shopee Liga 1 boleh dihadiri penonton selama belum ada instruksi pembatasan keramaian.

Menurutnya, jika partai Bhayangkara FC kontra Persija Jakarta ditunda, dapat berimpilkasi panjang kepada jadwal-jadwal lainnya.

"Selama pemerintah belum ada imbauan atau larangan kepada kami, kompetisi tetap jalan, karena pemerintah lebih tahu soal ini," jelas Iriawan.

2 dari 3 halaman

Izin dari Polres Jakarta Selatan tanpa Penonton

Persija Jakarta Vs Bhayangkara FC
Persija Jakarta bermain imbang 2-2 versus Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (10/8/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Sebelumnya, Bhayangkara FC menerima izin keamanan tanpa penonton dari Polres Jakarta Selatan untuk menjamu Persija Jakarta. Keputusan itu tertuang pada surat bernomor B/613/III/YAN.2.1/2020/Restro.Jaksel.

"Rujukan surat dari Bhayangkara FC nomor: 3/BFC/Panpel/III/2020 tanggal 2 Maret 2020 perihal permohonan rekomendasi kegiatan pertandingan sepak bola Shopee Liga 1 2020 antara Bhayangkara FC versus Persija Jakarta, diselenggarakan pada Sabtu, 14 Maret 2020 pukul 18.30 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Stadion PTIK, Jl Tirtayasa nomor 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pertandingan tersebut dilaksanakan tanpa penonton dengan penanggung jawab Kombes Pol. Sumardji," tulis surat bertanda tangan Kapolres Metro Jaksel melalui PS. Kasatintelkam, Febri Isman Jaya.

Merujuk dari keputusan Polres Jakarta Selatan, Bhayangkara FC mengirimkan surat pemberitahuan kepada PT LIB untuk menggelar pertandingan tanpa penonton ketika melawan Persija Jakarta.

"Merujuk dan mempertimbangkan surat dari Kapolres Jakarta Selatan, dengan ini kami sampaikan bahwa sesuai surat rekomendasi dari Polres Jakarta Selatan, pertandingan kandang Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta pada 14 Maret 2020 di Stadion PTIK, Kebayoran Baru, akan dilaksanakan tanpa penonton," bunyi surat Bhayangkara FC kepada PT LIB bertanda tangan Bambang Suhendro, Asisten General Manager.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓