Sukses


Liga 2 2020 Segera Dimulai, 5 Klub Ini Masih Menunggak Gaji Pemain Musim Lalu

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Liga 2 2020 bergulir mulai Sabtu (14/3/2020). Pertandingan Persiba Balikpapan versus Kalteng Putra menjadi pembuka kompetisi kasta kedua Indonesia ini.

Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan.

"Pembukaan Shopee Liga 1 kemarin di Jawa, nah sekarang Liga 2 di luar Jawa. Sudah ada beberapa permintaan namun kita putuskan di Kalimantan sebagai calon wilayah ibukota baru," kata Cucu Somantri, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 dan Liga 2.

Namun, masalah klasik masih terjadi "menyongsong" jalannya kompetisi, yakni adanya tunggakan gaji.

Dalam rilis Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI), Kamis (12/3/2020), masih ada lima klub belum menyelesaikan kewajiban di musim 2019.

 

Total tunggakan kelima klub tersebut mencapai Rp3,5 miliar. Namun, pihak APPI tidak memberikan perincian secara detail perihal besaran tunggakan masing-masing klub.

Berikut lima kontestan Liga 2 2020 yang masih menunggak gaji pemain di musim lalu:

2 dari 6 halaman

1. PSMS Medan

PSMS Medan masih memiliki tunggakan gaji pemain musim 2019. Kasus tersebut telah dibawa ke National Dispute Resolution Chamber (NDRC) atau badan penyelesaian sengketa nasional.

Sementara di Liga 2 2020, PSMS Medan tergabung di Grup Barat. Tim Ayam Kinantan akan menjalani laga perdana melawan AS ABADI Tiga Naga pada Minggu sore WIB (15/3/2020).

3 dari 6 halaman

2. Kalteng Putra

Kalteng Putra musim lalu bermain di Liga 1. Di akhir musim, tim berjulukan Isen Mulang ini terdegradasi ke Liga 2 karena hanya finis sebagai juru kunci.

Meski sudah siap berkompetisi di musim 2020, Kalteng Putra masih memiliki tunggakan gaji pemain musim lalu. Perihal tunggakan gaji ini juga telah dibawal ke NDRC.

Pada Liga 2 2020, Kalteng Putra tergabung di Grup Timur. Laskar Isen Mulang akan melakukan pertandingan perdana pada Sabtu (14/3/2020) melawan tuan rumah Persiba Balikpapan di Stadion Batakan.

4 dari 6 halaman

3. Mitra Kukar

Mitra Kukar bermaterikan pemain berpengalaman musim lalu. Mulai Atep hingga Ahmad Bustomi. Namun, klub asal Kalimantan Timur ini gagal promosi ke Liga 1.

Menyambut musim 2020, Mitra Kukar masih memiliki tunggakan gaji pemain musim lalu. Kasus tersebut belum masuk ke ranah NDRC karena terdapat perbedaan angka atas klaim dari pemain dengan keterangan klub.

Pada Liga 2 2020, Mitra Kukar tergabung di Grup Timur. Tim Naga Mekes akan melawan Martapura FC pada pekan perdana di Stadion Rondong Demang, Kutai Kartanegara, Minggu (15/3/2020).

5 dari 6 halaman

4. Perserang Serang

Perserang Serang akan melawat ke Cilegon United pada Minggu (15/3/2020) di Stadion Krakatau Steel. Mereka tergabung di Grup Barat.

Meski Liga 2 akan segera dimulai, Perserang Serang masih memiliki tunggakan gaji pemain musim lalu. Kasus mereka belum sampai ke NDRC karena memiliki masalah serupa dengan Mitra Kukar.

6 dari 6 halaman

5. PSPS Pekanbaru

PSPS Pekanbaru menjadi paling bermasalah di antara lima klub ini. Mereka memiliki tunggakan gaji pemain sejak 2018.

Bahkan PSPS Pekanbaru telah mendapat hukuman dari NDRC, tidak bisa mendaftarkan pemain baru selama tiga musim. Namun, pelunasan gaji pemain belum juga terlaksana.

Di laga perdana Liga 2 2020, PSPS Pekanbaru akan menjamu Semen Padang di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru, Minggu (15/3/2020).

 

Sumber: APPI

Video Populer

Foto Populer