Darurat Corona, PSSI dan Menpora Sepakat Menghentikan Shopee Liga 1 dan Liga 2

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 14 Mar 2020, 21:30 WIB
Diperbarui 15 Mar 2020, 00:00 WIB
Ketua PSSI dan Kemenpora

Bola.com, Balikpapan - PSSI sebagai induk sepak bola tertinggi di Indonesia resmi menghentikan sementara seluruh kegiatan sepak bola yakni Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020, Sabtu (14/3/2020). Keputusan itu diambil setelah pandemi virus Corona semakin meningkat di Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku pihaknya sampai pada keputusan bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga serta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menghentikan sementara kegiatan sepak bola di Indonesia selama dua pekan.

"Kami dari jauh-jauh hari sudah berdiskusi dengan Pak Menpora berkaitan dengan masalah virus corona. Eskalasi dinamika di lapangan makin meningkat, makanya tadi kami minta para exco untuk berkumpul di ruangan ini, tentunya meminta pandangan dari Pak Menpora," kata Iwan Bule usai rapat dadakan di Stadion Batakan, Balikpapan.

"Dari hasil kami diskusi, disepakati memang kalau Liga 1 pada Senin (16/3/2020) ini harus sudah berhenti. Kebetulan memang ada off (jadwal jeda internasional)," ujar Iwan Bule.

Keputusan untuk menghentikan seluruh pertandingan mulai Senin (16/3/2020) diambil karena ada beberapa klub yang sudah memainkan laga pekan ketiga. Jadi, waktu tersebut dipilih agar semua tim sudah menyelesaikan pertandingan pekan ketiga.

Begitu juga dengan Liga 2 2020 yang dimulai pada Sabtu (14/3/2020). PSSI memberikan kesempatan kepada semua tim untuk memainkan laga pekan pertama yang berakhir pada Minggu (15/3/2020).

"Berhubung masih ada 10 pertandingan yang akan dilakukan baik Shopee Liga 1 2020 maupun Liga 2, kami putuskan Senin sudah hampir semuanya tidak ada pertandingan lagi. Jadi itu keputusan kami dengan para exco yang menghasilkan Liga 1 dan Liga 2 mulai besok terakhir, dan hari Senin sudah tidak ada pertandingan di seluruh Indonesia," tegas pria berpangkat Komjen Polisi itu.

 

2 dari 3 halaman

Didukung Menpora

launching jersey Shopee Liga 1 2020
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, bersama Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad, dan perwakilan dari 18 klub tim saat launching Shopee Liga 1 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (24/2). Sebanyak 18 klub pamerkan jersey untuk kompetisi Shopee Liga 1 2020. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menghormati keputusan PSSI untuk menghentikan seluruh kegiatan sepak bola di Indonesia. Zainudin menyebut, hal ini terpaksa dilakukan karena semakin meluasnya dampak dari virus yang bernama lain COVID-19 itu.

"Perkembangan waktu demi waktu kami pantau dan rupanya perkembangan virus Corona ini semakin luas. Sehingga dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi, khususnya kegiatan olahraga termasuk sepak bola," ujar Zainudin.

Keputusan ini akhirnya meniru langkah negara-negara lain yang sudah menghentikan kegiatan sepak bola karena virus Corona. Sebelumnya, Premier League, Serie A, Bundesliga, Liga Malaysia, dan Liga Thailand juga menghentikan sementara kegiatan sepak bola.

Tak hanya liga, UEFA sebagai induk sepak bola Eropa juga menghentikan sementara Liga Champions dan Liga Europa. Adapun FIFA juga menghentikan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang sejatinya bergulir pada akhir Maret mendatang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓