Pukul Persik 0-1, Hendri Susilo: Persiraja Tak Perlu Main Cantik, yang Penting Menang

Oleh Gatot Susetyo pada 14 Mar 2020, 23:00 WIB
Diperbarui 14 Mar 2020, 23:00 WIB
Defri Riski

Bola.com, Jakarta - Persiraja sukses merebut tiga poin kandang milik Persik dengan skor 0-1 pada pekan ketiga Shopee Liga 1 2020 di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Sabtu (14/3/2020). Pelatih Persiraja Hendri Susilo mengakui para pemainnya memang tak tampil bagus.

Hendri menilai permainan Ferry Komul dkk. tak nikmat ditonton karena cara main mereka monoton dan cenderung memperlambat tempo. Namun demikina, hal itu dinilainya bukan sesuatu yang salah.

"Permainan kami tadi memang tak enak ditonton. Saya sengaja melakukan strategi itu. Buat saya, itu sah-sah saja di sepakbola," kata Hendri.

Lebih jauh, Hendri mengaku mengatakan kepada anak-anaknya bahwa kemenangan lebih penting. Menurutnya, sepak bola adalah tentang meraih kemenangan, bukan untuk menghibur penonton. 

"Jadi yadi saya beritahu pemain, mereka tak perlu main cantik melawan Persik," ujarnya lagi.

"Tapi anak-anak harus memenangkan pertandingan hari ini. Karena kami butuh tiga poin agar start di awal kompetisi ini bagus. Sepak bola yang diperlukan menang, bukan menghibur. Karena ini kompetisi bukan hiburan," kata Hendri Susilo.

 

2 dari 3 halaman

Bagian dari Strategi

Soal permainan Laskar Rencong yang memperlambat tempo, Hendri Susilo pun mengakuinya sebagai taktik yang telah diberikan kepada pemainnya.

"Saya sengaja menerapkan strategi itu agar Persik juga mengikutinya. Ternyata strategi saya jitu. Cara ini membuat pemain Persik frustrasi ketika bola kami kuasai. Saya bersyukur pecah telur gol dan kemenangan perdana kami raih di Kediri," tuturnya.

Untuk penerapan strategi mengatur tempo itu, Hendri Susilo memilih gelandang asing Samir Ayass. Pemain asal Lebanon ini sukses menjalankan perannya.

"Saya memang ditugasi coach Hendri untuk menahan laju bola Persik. Ketika bola kami kuasai, teman-teman memberikan kepada saya untuk memperlambat tempo. Kami berhasil memainkan bola di tengah," ucap Samir Ayass.

Persik Kediri Vs Persiraja Banda Aceh
Pemain Persiraja Samir Ayass menempel ketat gelandang naturalisasi Persik, Sackie Teah Doe untuk memenangkan lin tengah permainan. (Bola.com/Gatot Susetyo)
3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓