VIDEO: Tim Persib Jalani Tes Kesehatan untuk Cegah Virus Corona

Oleh Okie Prabhowo pada 16 Mar 2020, 15:40 WIB
Diperbarui 17 Mar 2020, 10:11 WIB

Bola.com, Bandung - Sebanyak 11 pemain Persib Bandung menjalani tes kesehatan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Senin (16/3/2020). Tes kesehatan terselenggara atas kerjasama Dinas Kesehatan Jawa Barat dan manajemen klub Maung Bandung guna mencegah virus Corona.

Dalam pelaksanaan tes kesehatan pemain Persib itu, juga dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang langsung melihat para pemain menjalani tes kesehatan. "Kemarin memang ada masukan dari tim kesehatan Jabar karena di Si Jalak Harupat kan ada momentum besar pertandingan di tengah situasi merebaknya virus corona sehingga kewaspadaan harus kita tingkatkan," ujar Ridwan Kamil.

Orang nomor satu yang akrab disapa Kang Emil ini menyebutkan sengaja langsung berkomunikasi dengan manajemen Persib untuk melakuka proaktif tes agar seluruh pemain aman dan tidak berpotensi terkena virus corona.

"Seperti pak dokter (Raffi Ghani) sampaikan bahwa di Liga Italia ada beberapa pemainnya yang terkena virus corona padahal dilihat dari badannya kuat karena aktif olahraga. Imunitas (daya tahan tubuh) harusnya paling juara ternyata terpapar juga. Jadi di momentum setelah pertandingan atas pemohonan dari Persib, dilakukan pemeriksaaan terhadap pemain dan ofisial," kata Ridwan Kamil.

Sementara itu, dokter tim Persib, Raffi Ghani menyebutkan pemeriksaan tersebut dalam rangka untuk memutus penyebaran virus corona karena penyebarannya begitu cepat.

"Memang waktu itu saya dan tim Persib berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan corona apakah terpapar oleh virus corona atau tidak karena saya lakukan ini setelah ada pemain bola yang kehiduapannya baik dan daya tubuhnya baik," ucap Raffi.

"Karena keterbatasan alat kata Raffi maka pelaksanaan tes kesehatan tersebut dilakukan secara bertahap. "Mudah-mudahan virus corona ini penularannya terputus. Tes kesehatan tadi yang saya lihat meliputi apus hidung sama apus tenggorakan. Hasilnya akan terlihat dari laboratorium setelah kurang lebih lima jam," ujar Raffi.

Para pemain Persib Bandung lainnya akan menjalani tes kesehatan pencegahan virus Corona pada pekan depan. Hal itu karena skuat langsung diliburkan dari rutinitas latihan. (Erwin Snaz)