Pesan Penting Arema FC kepada Para Pemain Saat Libur Panjang

Oleh Iwan Setiawan pada 16 Mar 2020, 20:30 WIB
Diperbarui 16 Mar 2020, 20:30 WIB
Arema FC

Bola.com, Malang - Arema FC memberikan libur cukup panjang pada jeda Shopee Liga 1 2020 karena menyebarnya virus corona. Para pemain dipesankan agar mengurangi aktivitas luar ruangan.

Hendro Siswanto dkk. diliburkan lima hari dan baru akan kembali berlatih pada 20 Maret mendatang. Ini libur yang cukup panjang menyusul imbauan pemerintah Indonesia kepada semua warganya untuk mengurangi aktifitas di luar rumah.

Asisten pelatih Arema, Kuncoro berharap pemainnya tetap hidup sehat selama libur. Artinya, tidak banyak beraktivitas di luar rumah.

"Sebaiknya mengurangi aktivitas di luar dulu. Kalau kebutuhan latihan untuk jaga kondisi, tidak masalah. Tapi tetap harus ikhtiar untuk berusaha menjaga kesehatannya. Karena libur ini mengantisipasi virus corona juga," jelas Kuncoro.

Mayoritas pemain Arema kini pulang kampung. Di mess pemain yang ada di jalan Kesemek, Kota Malang, hanya ada 4 pemain yang tinggal. Yakni Utam Rusdiana, Andriyas Fransisco, Mariando Djonak dan Gitra Furton.

Padahal biasanya belasan pemain tinggal di sana. Meski mayoritas pemain pulang kampung, tim pelatih berharap semuanya tetap berusaha jaga kondis dengan keluarga.

"Yang namanya sakit itu terkadang memang sudah taktik. Tapi sekali lagi juga harus ada ikhtiarnya. Kalau sekarang yang menyebar sakit virus, ya harus dijauhi pusat keramaiannya dulu," sambung Kuncoro.

2 dari 3 halaman

Wajib Jaga Kondisi

Arema FC
Trio pemain Amerika Latin Arema FC saat bercanda usai latihan dengan pelatih fisik Marcos Gonzales. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Pemain diharapkan lebih jeli saat berlatih untuk menjaga kondisi. Bisa dirumah atau di lapangan. Setelah itu langsung menjaga kembali kebesihan tubuhnya.

“Kalau tugas untuk menjaga kondisi, saya pikir pemain sudah tidak perlu dikasih tahu. Otomatis mereka akan tetap jaga kondisi meski libur. Karena pelatih (Mario Gomez) orangnya disiplin. Saat latihan aktif lagi, tentu fisik mereka harus tetap terjaga dan bisa mengikuti program latihan,” jelasnya.

Sebenarnya libur 5 hari bisa saja membuat fisik pemain yang sudah bagus menjadi drop. Arema termasuk tim yang sangat memperhatian fisik pemain. Ketika pramusim, pemain dapat program super berat. Tentu ada kekhawatiran program fisik pra musim itu bisa hilang ketika ada libur cukup panjang.

“Tapi saya yakin pemain tidak akan drop kondisinya. Nanti waktu latihan pasti juga dilihat kondisi masing-masing pemain. Dan program latihan akan tetap lanjut kedepannya untuk persiapan pertandingan selanjutnya. Tidak mengulangi fisik lagi,” jelas Kuncoro.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓