Deretan Kiper dengan Penampilan Heroik di Shopee Liga 1

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 19 Mar 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 07:15 WIB
Persib Bandung - Teja Paku Alam
Persib Bandung - Teja Paku Alam (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Di antara kiper-kiper beken nan tangguh kepunyaan kontestan Shopee Liga 1 2020, Fakhrurrazi Quba mampu mencuri perhatian. Berstatus penjaga gawang klub promosi, Persiraja Banda Aceh, Fakhrurrazi menjaga gawang timnya tetap perawan hingga pekan ketiga. 

Lawan Persiraja dalam tiga partai awal Shopee Liga 1 bukan tim enteng; Bhayangkara FC, Madura United, dan Persik Kediri. Namun, Fakhrurrazi mampu membuat Ezechiel N’douassel, Alberto Goncalves, dan Nikola Asceric frustrasi.

Nama-nama di atas adalah penyerang andalan masing-masing klub yang gagal menodai gawang Fakhrurrazi. Penjaga gawang berusia 30 tahun itu mencatatkan diri sebagai satu-satunya kiper yang tidak kebobolan dari tiga pertandingan pada musim ini.

Peribahasa tua-tua keladi, makin tua makin jadi menggambarkan kehebatan Wawan Hendrawan bersama Bali United di Shopee Liga 1. Bersaing dengan kiper yang jauh lebih muda, Nadeo Argawinata, penjaga gawang berumur 37 tahun itu masih berhasil mengunci posisi starter dalam tiga partai awal.

Berkat ketangguhan Wawan, Bali United bersanding dengan Persib Bandung sebagai tim terminim kebobolan nomor dua setelah Persiraja. Tim berjulukan Serdadu Tridatu itu baru dua kali dijebol pemain lawan.

2 dari 4 halaman

Panggung Sesungguhnya Teja Paku Alam

Latihan Timnas Indonesia
Kiper Timnas Indonesia, Teja Paku Alam, menangkap bola saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Minggu (8/9). Indonesia akan berhadapan dengan Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Teja Paku Alam akhirnya mendapatkan panggung sesungguhnya untuk membuktikan kapasitasnya sebagai kiper papan atas di Indonesia. Bersama Persib Bandung di Shopee Liga 1 2020 performa penjaga gawang berusia 26 tahun itu begitu menjanjikan.

Teja telah dua kali menjaga gawang Persib dan baru kebolan sebiji gol ketika timnya mencuri kemenangan 2-1 atas Arema FC pada pekan kedua. Saat tengah bersiap menghadapi PSS Sleman pada pertandingan ketiga, eks kiper Sriwijaya FC itu diserang cedera diskolasi jari.

Statistik Shopee Liga 1 menunjukkan, Teja merupakan kiper tersibuk dari tiga pertandingan awal. Padahal, ia telah sekali absen. Penjaga gawang Timnas Indonesia itu membukukan 14 penyelamatan, unggul tiga saves dari kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto.

3 dari 4 halaman

Kebangkitan Awan Setho

Madura United vs Bhayangkara FC
Penjaga gawang Bhayangkara FC, Awan Setho Rahardjo saat laga melawan Madura United FC pada lanjutan Shopee Liga 1 Indonesia 2019 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (5/8/2019). Laga kedua tim berakhir imbang 1-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Perlahan, Awan Setho mulai menemukan performa terbaiknya bersama Bhayangkara FC pada musim ini. Pada kompetisi tahun lalu, eks penjaga gawang Timnas Indonesia U-22 itu digeser Wahyu Tri Nugroho dari posisi starter seiring penurunan penampilannya.

Awan sempat nir-bobol ketika Bhayangkara FC menantang Persiraja pada pekan pertama. Namun, gol gelandang Persik Kediri, Faris Aditama, membuatnya harus memungut bola dari gawangnya untuk pertama kalinya pada pekan kedua.

Ketika Bhayangkara FC menjamu Persija Jakarta pada pekan ketiga, penampilan Awan sebenarnya telah bagus. Tetapi, gempuran dari Riko Simanjuntak dan kawan-kawan memaksanya menyerah. Gawangnya bergetar dua kali pada pertandingan itu.

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓