Kesulitan Lapangan Hingga H-1 Latihan, Arema Kemungkinan Berlatih di Desa

Oleh Iwan Setiawan pada 19 Mar 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 14:15 WIB
Mario Gomez, Arema FC

Bola.com, Malang - Arema FC akan memulai kembali menggelar latihan kembali, Jumat (20/3/2020). Namun, hingga sehari sebelum agenda tersebut Arema belum mendapatkan tempat untuk berlatih. 

Lapangan yang selama ini digunakan untuk latihan Arema FC masih ditutup oleh pengelolanya, antara lain Stadion Gajayana, Stadion Dirgantara, dan Stadion Kanjuruhan.

“Kami dapat laporan dari sekretaris tim, Arema belum mendapatkan lapangan. Tapi sekarang masih berusaha untuk mencari, karena memang belum punya lapangan sendiri,” kata General Manager Arema, Ruddy Widodo, Kamis (19/3/2020). 

Sebenarnya Arema sudah bekerja sama dengan kampus ITN Malang untuk tempat latihan. Namun, saat ini lapangan di kampus tersebut masih dalam tahap renovasi, sehingga belum bisa digunakan.

“Sebenarnya Arema besiap untuk menjalankan program latihan kembali. Saat ini masih berpatokan jadwal kompetisi selanjutnya tidak berubah (3 April), karena sampai sekarang belum ada informasi lebih lanjut,” tegasnya.

Arema FC tengah berdiskusi mencari lapangan alternatif lainnya. Masih ada satu celah yang bisa digunakan, yakni lapangan desa.

“Saat ini lapangan milik pemerintah kota dan kabupaten memang tidak bisa digunakan, karena kondisinya seperti ini (menyebarnya virus corona). Tapi lapangan desa sepertinya masih bisa digunakan. Sekarang tinggal membahasnya dulu,” kata asisten pelatih Arema, Kuncoro.

 

2 dari 3 halaman

Harus Bergerak Cepat

Striker Arema FC, Kushedya Hari Yudo
Pria asal Malang tersebut memborong dua gol untuk kemenangan tim Singo Edan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Untuk lapangan desa, Arema FC pernah berlatih di lapangan Wonoayu, Wajak, Kabupaten Malang tahun lalu. Kualitas lapangannya terbilang sangat bagus.

Hanya saja lokasinya cukup jauh dari mes pemain, memerlukan kurang lebih 1 jam perjalanan. Selain itu, ada juga opsi lapangan desa yang berada di Kota Malang, seperti lapangan Bale Arjosari dan yang lainnya. “Semoga saja kondisinya bagus karena sekarang musim hujan juga. Tidak keras lapangannya,” lanjutnya.

Arema harus bergerak cepat menentukan lapangan di desa mana yang akan digunakan. Jadwal latihan tinggal sehari lagi digelar. Jika sangat mepet, tentu akan lebih sulit untuk mencari lapangan. Bisa jadi Singo Edan terpaksa berlatih di lapangan futsal.

Seperti diketahui, musim ini Arema menerapkan standar lapangan latihan yang bagus. Itu tak lain karena permintaan pelatih kepala Mario Gomez. Pria asal Argentina ini dikenal sangat memperhatikan kualitas tempat latihan.

Standar Itu sudah diterapkannya sejak menangani Persib Bandung dan Borneo FC. Itu sebabnya Arema lebih dulu memperbaiki lapangan latihan yang bekerja sama dengan ITN. Kemungkinan baru pertengahan 2020 lapangan tersebut siap dipakai latihan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Arema FC

Lanjutkan Membaca ↓