Sukses


Tips dari Asisten Pelatih Timnas Indonesia Agar Pesepak Bola Tanah Air Tak Terpapar Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, memberikan tips ke para pesepak bola Tanah Air agar terhindar dari virus Corona. Ia mengingatkan agar hidup lebih bersih dan menghindari keramaian.

"Banyak cuci tangan dan menghindari pertemuan dengan orang, tapi itu akan sulit bagi pemain kalau mereka latihan akan sulit menjaga diri pemain," tutur mantan bek Persib Bandung ini.

"Sebagai pemain profesional, mereka bisa latihan sendiri di rumah. Yang saya lihat, ada klub yang cuma latihan dua hari, lalu kembali latihan," imbuh Nova.

Nova pun menceritakan aktivitas tim pelatih Timnas Indonesia ikutan terhenti seiring mulai merebaknya virus Corona Covid-19 di Indonesia. Aktivitas Shin Tae-yong dkk. memantau pemain dalam laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020 antara Bhayangkara FC Vs Persija Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

"Kompetisi resmi dihentikan sementara oleh PSSI, secara otomatis program pemantauan pemain ke berbagai daerah juga distop. Jadwal pelatnas juga akan digodok ulang menyesuaikan jadwal baru kualifikasi," kata Nova.

Seperti diketahui bersama, pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Piala Asia 2023, Liga Champions Asia, hingga Piala AFC mengalami penundaan.

Khusus untuk putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang sebelumnya jatuh pada Maret dan Juni, digeser pada Oktober dan November 2020.

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup G masih menyisakan tiga pertandingan lagi. Begitu pula Vietnam, Thailand, Malaysia, serta Uni Emirat Arab.

Selain menjalani kualifikasi World Cup, Tim Merah-Putih tahun ini bakal berlaga di Piala AFF 2020 pada 23 November-31 Desember 2020.

AFC atau AFF belum nasib sejumlah turnamen junior antarnegara anggotanya. Namun, Shin Tae-yong yang juga menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia U-19 memilih menunda penyelenggaraan pelatnas, hingga situasi membaik di Indonesia.

 

Video

2 dari 2 halaman

Shin Tae-yong Karantina Mandiri di Indonesia

Shin Tae-yong tak memiliki agenda apa pun di Indonesia saat ini, tapi ia tak bisa mudik ke negara asalnya, Korea Selatan. Pasalnya, Negeri Gingseng juga menghadapi pandemi virus corona.

Per 20 Maret 2020, Worldometer mencatat, 8.652 orang terjangkit virus corona di Korea Selatan. 94 Di antaranya meninggal dan 2.233 sembuh.

"Coach Shin Tae-yong tetap berada di Indonesia, karena dia juga tidak mungkin pulang ke Korea Selatan dengan keadaan yang seperti ini," ujar asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto.

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani, Published 20/3/2020)

Video Populer

Foto Populer